Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendag Zulhas Resmikan Domart, Minimarket Pertama di Malaysia dengan 100 Persen Produk Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 08 Juni 2023, 08:56 WIB
Mendag Zulhas Resmikan Domart, Minimarket Pertama di Malaysia dengan 100 Persen Produk Indonesia
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan ketika membuka Domart, minimarket pertama di Malaysia dengan 100 persen produk Indonesia/Ist
rmol news logo Produk-produk buatan Indonesia semakin mendunia. Terbukti dengan banyaknya pasar yang memperdagangkan produk-produk tersebut, termasuk sebuah minimarket di Malaysia, Domart.

Domart menjadi minimarket pertama di negeri jiran yang 100 persen menjual produk Indonesia, sekaligus menyajikan makanan khas Indonesia. Domart di Kuala Lumpur secara resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan pada Rabu (7/6).

“Ini bukan hanya sebuah pencapaian, tapi juga sebuah langkah maju yang besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia. Kementerian Perdagangan sangat mendukung usaha kecil, dan menengah (UKM) untuk berkontribusi terhadap peningkatan ekspor Indonesia, khususnya ke Malaysia,” ujar Mendag Zulhas.

Dalam paparannya, Mendag juga mengapresiasi salah satu pemilik Domart, Wachidal Mustafa Dimyani yang telah berhasil membuka toko pertamanya di Malaysia.

“Kami berharap, akan dibuka kembali toko-toko berikutnya di seluruh pelosok Malaysia,” tambahnya.

Menurut Mendag Zulkifli, Domart tidak hanya sekadar toko, tetapi juga simbol dari kerja sama dan persahabatan antara dua negara. Melalui Domart, ada upaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk Indonesia termasuk produk UKM kepada masyarakat Malaysia.

"Sebaliknya, kita juga berharap Domart dapat menjadi jembatan bagi para pengusaha Indonesia untuk memasuki pasar Malaysia,” imbuh Mendag Zulkifli.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk memberikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan UKM dalam meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk, serta memperluas jangkauan pasar mereka.

Dalam hal ini, Domart diharapkan menjadi bagian penting dari peningkatan ekspor Indonesia ke Malaysia.

Malaysia bukan hanya sekadar negara tetangga, tetapi merupakan pasar yang sangat potensial bagi produk-produk Indonesia. Pada 2022, ekspor nonmigas Indonesia ke Malaysia mencapai 13,6 miliar dolar AS, meningkat 27,6 persen dibandingkan 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA