Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ridwan Kamil Dinobatkan Jadi Gubernur Terbaik RI Versi Majalah Infobank

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 12 Mei 2023, 06:10 WIB
Ridwan Kamil Dinobatkan Jadi Gubernur Terbaik RI Versi Majalah Infobank
Kepala Biro BUMD, Investasi dan Administrasi Pembangunan (BIA) Setda Jabar, Lusi Lesminingwati mewakili kehadiran Ridwan Kamil dalam acara Infobank pada Kamis, 11 Mei 2023/Youtube Infobank TV
Atas pencapaiannya mendorong kemajuan sektor keuangan, khususnya bank daerah Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil meraih penghargaan sebagai The Best Governor 2023 in Supporting GCG & Professionalism for BPD dari Majalah Infobank dan The Asian Post (Asian Post.ID).
Video Kompetisi Skycrapper

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto di Hotel Ambarrukmo, Yogyakarta, pada Kamis (11/5) dengan kehadiran gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Biro BUMD, Investasi dan Administrasi Pembangunan (BIA) Setda Jabar, Lusi Lesminingwati.

Menurut Eko, penghargaan itu diberikan berdasarkan penilaian kualitatif dan kuantitatif dari tim independen dengan kriteria khusus, dan tidak semua gubernur mendapatkan penghargaan itu.

"Penghargaan ini hanya kami berikan kepada kepala daerah yang telah mendorong keberlangsungan serta transformasi bank daerah. Tidak semua gubernur menang," ujarnya.

"Kami memilih ini berdasarkan riset yang didukung biro riset Infobank secara independen," tambah Eko.

Kepercayaan Ridwan Kamil kepada BUMD keuangan di Jawa Barat disebut telah berhasil membangun tata kelola usaha yang baik dan kepemimpinan profesional yang terbebas dari intervensi politik.

Di bawah kepemimpinannya, sektor keuangan BUMD, khususnya Bank BJB semakin menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang kompetitif di pasar domestik maupun internasional.

Selain Ridwan Kamil, ada lima gubernur lainnya yang turut dinobatkan sebagai Gubernur terbaik RI pada tahun 2023 ini, di antaranya yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, serta Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru.

Berdasarkan penjelasannya, Eko menuturkan bahwa pihaknya memberi penilaian kuantitatif berdasarkan kinerja dari pemerintah provinsi di mana keenam gubernur tersebut telah menjadi leader untuk BUMD yang dikelola provinsi.

Sementara, penilaian kualitatif berdasarkan pada sepak terjang, track record, karier, dan leadership yang ditonjolkan dari keenam gubernur tersebut.

Dengan memberikan penghargaan kepada enam gubernur RI itu, nantinya gubernur daerah lain yang belum memiliki kesempatan tersebut diharapkan dapat terpacu untuk mencapai penghargaan itu, khususnya dengan membangun sektor keuangan di daerahnya, seperti mendorong transformasi Bank Pembangunan Daerah.
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA