Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenko Perekonomian dan bank bjb Dorong Anak Muda Sejahtera Bersama KUR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 18 Maret 2023, 07:11 WIB
Kemenko Perekonomian dan bank bjb Dorong Anak Muda Sejahtera Bersama KUR
bank bjb bersama Kemenko Perekonomian RI kolaborasi menggelar event KUR Festival di Gedung Sate, Bandung/Ist
rmol news logo Bekerja sama dengan Kemenko Perekonomian RI, bank bjb terus mendorong generasi muda untuk lebih sejahtera melalui akses kemudahan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Keduanya bahkan menggelar event KUR Festival bertajuk "Super Gen-Creation: Anak Muda Sejahtera Bersama KUR!" di Gedung Sate, Kota Bandung Selama dua hari, 17 sampai 18 Maret 2023.

Festival tahunan ini diselenggarakan Kemenko Perekonomian dengan para penyalur serta penjamin KUR ini menghadirkan rangkaian kegiatan mulai dari talkshow, sharing session, panggung hiburan, hingga sejumlah kompetisi yang dapat diikuti oleh anak muda secara gratis.

Di hari pertama, acara dibuka oleh sejumlah hiburan musik serta kesenian. Selepas pembukaan secara resmi, acara dilanjut dengan sesi talkshow yang dibawakan oleh sejumlah pemateri dari kalangan perbankan.

Salah satu pemateri adalah Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb, Denny Mulyadi. Ia mengisi sharing session dengan pembahasan terkait akses pembiayaan KUR yang diikuti peserta dengan antusias. Rangkaian acara KUR Festival di hari pertama ditutup dengan panggung hiburan serta stand up comedy.

Di hari kedua, acara dilanjutkan dengan sesi penandatanganan akad massal kredit oleh Sesmenko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang turut disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto.

Acara akan memasuki rangkaian inti, yakni peluncuran Penyaluran KUR Super Mikro bagi 5 UMKM. Masing-masing perwakilan UMKM memperoleh KUR Super Mikro senilai Rp10 juta yang diserahkan secara simbolis oleh Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank DKI, Pegadaian Syariah, serta bank bjb. Festival kemudian ditutup dengan panggung musik, workshop serta penampilan tari.

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb, Nancy Adistyasari mengatakan, festival KUR tersebut merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam mendorong kemajuan UMKM terutama di kalangan anak muda.

"Diharapkan KUR Festival tahun ini bisa menjadi ajang bagi para pelaku UMKM generasi muda untuk dapat menggali ilmu hingga mendapat kemudahan akses permodalan untuk mengembangkan bisnis mereka," kata Nancy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/3).

Sementara itu, Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, dari sekian banyak skema pembiayaan melalui KUR, salah satu yang akan didorong ke depan adalah terkait dengan KUR untuk para generasi muda.

“Kita harapkan nanti akan mampu menciptakan para entrepreneur yang baru kemudian para anak-anak kuda yang mampu menggerakan ekonomi kita,” ucap Susiwijono.

Realisasi KUR di tahun 2022 telah mencapai Rp 365,5 triliun atau sekitar 98 persen. Dengan berbagai keberhasilan KUR yang setiap tahunnya selalu meningkat, baik alokasi target maupun realisasi, maka di tahun 2023 ini pihaknya mengalokasikan KUR Rp 450 triliun.

“Kalau kita liat per provinsi, Jawa Barat ada di peringkat ketiga di bawah Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan realisasi tahun 2022 sebesar Rp 49,74 triliun. Jadi hampir Rp 50 triliun sendiri untuk 1,15 juta debitur," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA