Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersama Mendag India, Zulhas Tingkatkan Kerja Sama di Lima Sektor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 15 Maret 2023, 14:22 WIB
Bersama Mendag India, Zulhas Tingkatkan Kerja Sama di Lima Sektor
Pertemuan antara Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dengan Menteri Perdagangan dan Industri India Piyush Goyal di New Delhi pada Selasa, 14 Maret 2023/Ist
rmol news logo Sebagai mitra strategis, Indonesia dan India terus berupaya meningkatkan hubungan dan kerja sama di berbagai bidang.

Hal ini juga dibahas selama pertemuan antara Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dengan Menteri Perdagangan dan Industri India Piyush Goyal di New Delhi pada Selasa (14/3).

“Saya optimistis masih banyak ruang untuk semakin meningkatkan hubungan dan kerja sama perdagangan, serta  investasi  kedua  negara," kata menteri yang kerap disapa Zulhas ini.

Kedua belah pihak kemudian membahas penguatan kerja sama di lima sektor, yaitu teknologi informasi (IT), kesehatan, tekstil, furnitur, serta pendidikan dan sumber daya manusia.

Penguatan kerja sama ini didasarkan pada kedekatan strategis kedua negara. India sendiri merupakan negara tujuan ekspor terbesar ke-4 dan ke-21 sumber investasi asing terbesar.

Selain itu, saat ini, kedua  negara  telah  memiliki  ASEAN-India  Free  Trade  Agreement  (FTA)  sebagai  perjanjian  dagang regional.

"Diharapkan secepatnya kedua negara dapat memulai perundingan Preferential Trade Agreement (PTA) bilateral yang telah dijajaki sejak 2020," tambah Mendag Zulkifli.

Mendag berharap, dengan dimulainya perundingan PTA, maka dapat mengoptimalkan potensi ekonomi kedua negara.

Selama pertemuan tersebut, Mendag Zulkifli juga menyoroti harapan agar Pemerintah India  dapat mempertimbangkan rencana  pengenaan bea  masuk anti-dumping (BMAD) untuk produk serat stapel viskose (VSF) Indonesia.   

Produk VSF merupakan bahan baku pendukung industri tekstil India yang dapat meningkatkan ekspor tekstil India ke dunia. Produk ini salah satunya dihasilkan oleh PT Asia Pacific Rayon (APR). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA