Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan Bilateral Indonesia–Inggris, Zulhas Bahas Peningkatan Hubungan Ekonomi

Jumat, 10 Maret 2023, 03:36 WIB
Pertemuan Bilateral Indonesia–Inggris, Zulhas Bahas Peningkatan Hubungan Ekonomi
Zulhas bersama rombongan wakil Indonesia bertemu perwakilan negara Inggris membahas kerjasama ekonomi bilateral/Ist
rmol news logo Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bertemu Menteri Negara pada Departemen Bisnis dan Perdagangan Inggris Nigel Huddleston dan Utusan Perdana Menteri Inggris Richard Graham di London, Inggris pada Rabu (8/3).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pertemuan ini merupakan bagian dari kunjungan kerja Mendag Zulkifli Hasan ke London pada 7-9 Maret 2023.

“Inggris adalah salah satu mitra strategis Indonesia di Eropa. Kita harapkan kedua negara dapat mempererat kerja sama dan mengoptimalisasi potensi ekonomi kedua negara,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Pada pertemuan tersebut, Mendag Mendag Zulkifli Hasan turut didampingi Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono, Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional Bara Hasibuan, dan Duta Besar LBBP RI untuk Inggris Desra Percaya.

Saat ini, Indonesia dan Inggris telah memiliki forum Joint Economic and Trade Committee (JETCO) sebagai wadah diskusi kerja sama bilateral. JETCO dipimpin Mendag RI dan Sekretaris Negara untuk Bisnis dan Perdagangan Inggris. Pertemuan JETCO yang pertama dilaksanakan pada 23 Februari
2022 di Jakarta.

Selanjutnya, pertemuan kedua direncanakan pada pertengahan 2023 di London.

“Kami menyambut baik komunikasi yang telah dilakukan kedua negara dalam kerangka JETCO di bidang energi terbarukan, pertanian, dan ekonomi digital,” lanjut Zulhas.

Zulhas juga mendorong kedua pihak untuk menjajaki perundingan perjanjian perdagangan bilateral di masa depan.

“Dengan eliminasi hambatan, baik tarif maupun nontarif, tentunya akan meningkatkan daya saing barang dan jasa kedua negara di pasar satu sama lain,” ujar pria yang juga Ketua Umum DPP PAN ini.

Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas isu-isu perdagangan lainnya seperti kebijakan lingkungan terkait perdagangan yang sedang disusun Inggris dan perkembangan negosiasi modifikasi jadwal konsesi Inggris di WTO pasca-Brexit. Mendag Zulkifli Hasan mengharapkan Inggris agar tidak menerapkan kebijakan yang berpotensi menghambat perdagangan komoditas pertanian Indonesia.

Sekilas Perdagangan Indonesia�"Inggris Total perdagangan Indonesia�"Inggris pada 2022 tercatat sebesar USD 2,7 miliar, naik 5,30 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pada 2022, ekspor Indonesia ke Inggris tercatat sebesar USD 1,7 miliar, sementara impor Indonesia dari Inggris sebesar USD 1,0 miliar.

Sedangkan pada 2021, total perdagangan Indonesia dengan Inggris tercatat sebesar USD 2,6 miliar. Pada periode ini, ekspor Indonesia ke Inggris tercatat sebesar USD 1,5 miliar sedangkan impor Indonesia dari Inggris tercatat sebesar USD 1,1 miliar.

Produk ekspor utama Indonesia ke Inggris di antaranya alas kaki dengan bagian atas dari bahan tekstil, alas kaki dengan bagian atas dari kulit samak, produk pertukangan dan bahan bangunan dari kayu, minyak kelapa sawit, dan mesin cetak. Sedangkan produk impor utama Indonesia dari Inggris di antaranya kertas atau kertas karton, obat, kendaraan bermotor untuk pengangkutan barang, skrap fero dan pernagkat telepon.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA