Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BTN Terus Gencarkan Digitalisasi Pasar Tradisional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 07 Maret 2023, 19:28 WIB
BTN Terus Gencarkan Digitalisasi Pasar Tradisional
PT Bank Tabungan Negara (Persero) menggiatkan digitalisasi pasar tradisional/Ist

RMOL. Ekosistem digitalisasi pasar terus digencarkan dan diimplementasikan PT Bank Tabungan Negara (Persero) di sejumlah pasar tradisional di Tanah Air.

Salah satu pasar yang dijadikan target BTN yakni Pasar Tagog, Padalarang, Bandung Barat dengan menggelar Serbu Pasar BTN serta meluncurkan Ekosistem Digitalisasi Pasar Tagog melalui pemanfaatan SuperApp BTN Mobile.


Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo mengatakan, perseroan membuka diri dengan pasar sebagai ekosistem perumahan untuk memperkuat sistem pembayaran dan inklusi keuangan.


Dengan begitu, transaksi dari pedagang lebih cepat, lebih murah, dan mudah. Volume perdagangan pun akan makin tinggi dan para pedagang akan bisa tumbuh dan berkembang ke depannya.


“BTN Mobile nantinya akan menjadi sebuah pionir pengembangan ekosistem digital pasar karena akan menjadi solusi nyata untuk mempermudah seluruh layanan transaksi pedagang pasar dalam kegiatan operasionalnya sehari-hari,” ujar Haru usai peluncuran Ekosistem Digitalisasi Pasar Tagog, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (7/3).


Pasar memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Sehingga, Bank BTN dituntut untuk mendukung pengembangan ekosistem pasar menuju era digitalisasi. Hal ini agar para pedagang pasar bisa merasakan kemudahan dalam hal transaksi dan layanan perbankan lainnya.


Dalam pengembangan ekosistem digitalisasi pasar, BTN menawarkan QRIS/EDC, Agen Batara, Tabungan Batara dan Tabungan Bisnis. Sedangkan yang ditawarkan dalam pengembangan ekosistem pembiayaan untuk pedagang meliputi KPR Subsidi, KUR, dan UMKM.


Sedangkan untuk pengembangan ekosistem bisnis Bank BTN akan bekerja sama dengan pengelola Pasar Tagog, yakni PT Bangunbina Persada dalam layanan perbankan seperti giro, deposito, kredit konstruksi, payroll dan lain-lain.


Setelah Pasar Tagog, Bank BTN akan memperluas pengembangan ekosistem digitalisasi ke berbagai pasar di seluruh Indonesia. Perseroan akan melakukan sinergi bersama semua stakeholder pasar seperti pengelola, pedagang, paguyuban pedagang, serta masyarakat yang memiliki peran penting didalam pengembangan ekosistem ini.


Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menyebut implementasi digitalisasi pasar merupakan sinergi antara Bank BTN dengan Kementerian Perdagangan. Dalam satu tahun ini, Kemendag menargetkan 1.000 pasar di seluruh Indonesia bisa terdigitalisasi.


“Saya pikir BTN luar biasa, ini merupakan bukti konkret BTN melakukan digitalisasi. Terima kasih banyak Pak Dirut beserta jajaran yang juga memastikan dan mengadakan di pasar-pasar rakyat, karena kami penguatannya adalah di pasar- pasar tradisional,” tegas Jerry. rmol news logo article

EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA