Rafins adalah salah satu produk usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) asal Lampung. Salah satu produk terbaiknya adalah keripik kulit ikan Fish Skin.
“Keripik ikan Fish Skin ini sering dipesan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan baik untuk kebutuhan di rumah maupun saat menyambut tamu pribadi. Kata Mendag Zulhas, makan Fish Skin ini seolah tak bisa berhenti, saking enaknya,” tutur pemilik merek Rafin’s Snack Indonesia Rospawati, dalam keterangan tertulis Kemendag, Kamis (2/3).
Awal bisnisnya dimulai saat Rospawati membuat produk Fish Skin yang dijual di toko tetangga dan kafe di sekitar Pringsewu, salah satu kabupaten di Provinsi Lampung. Rupanya salah satu konsumen tertarik dan memesan dalam jumlah banyak.
“Sejak saat itu, produk kami langsung berkembang,” kata Rospawati.
Kunci suksesnya terletak pada pelayanan pelanggan yang memuaskan. Sebanyak 90 persen penjualan sukses karena konsumen senang dengan pelayanannya. Rafins menyediakan tempat untuk berfoto dan mencicip.
“Pelayanan yang ramah dan selalu memuaskan pelanggan menjadi kunci. Intinya semua yang membuat konsumen senang,” katanya.
Tak hanya itu, sukses yang diraih Rafins Snack Indonesia juga berkat strategi mengikuti tren. Saat ini, dengan perdagangan digital, penjualan difokuskan ke digital terutama di media sosial.
“Saat ini eranya digital, maka kami harus mengikuti tren ini. Jika tidak kita akan ketinggalan jaman. Begitu juga dengan variasi rasa produk. Saat ini tren rasa Bulgogi Korea, kita menyesuaikan,” ujarnya.
BERITA TERKAIT: