Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Berpenduduk Terbanyak, Apindo Yakin Ekonomi Indonesia Kuat Tahun 2023

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 30 Desember 2022, 02:23 WIB
Berpenduduk Terbanyak, Apindo Yakin Ekonomi Indonesia Kuat Tahun 2023
Ilustrasi/Net
Meski dunia dihantui resesi di tahun 2023 mendatang, namun diyakini perekonomian Indonesia kuat untuk menghadapinya.

Ketua Komite Analis Kebijakan Ekonomi, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Ajib Hamdani bahkan optimis bahwa pemerintah mampu mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen.

Hamdani menjelaskan, banyaknya penduduk Indonesia menjadi salah satu kunci negara diyakini kuat untuk menghadapi resesi.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada akhir tahun 2021 menunjukkan jumlah 273.879.750. Bahkan diperkirakan sudah melebihi 275 juta pada akhir tahun 2022 ini.

"Dalam sebuah ekosistem ekonomi, jumlah penduduk adalah market atau demand. Dengan demand yang besar, maka konsumsi akan terjaga dengan baik,” kata Ajib kepada wartawan, Kamis (29/12).

Ajib mengatakan potensi yang kedua adalah melimpahnya sumber daya alam dan komoditas. Menurutnya, pemerintah sudah melakukan langkah tepat dengan melakukan program transformasi ekonomi dengan melakukan downstream atau hilirisasi, yang bisa meningkatkan nilai tambah.

Potensi ketiga adalah kekuatan UMKM yang menjadi penyangga utama pertumbuhan ekonomi. UMKM adalah sektor usaha yang mempunyai resiliensi atau daya bangkit yang cepat.

"Kalau pemerintah bisa memberikan daya ungkit maksimal di sektor UMKM ini, maka pertumbuhan ekonomi akan tetap terjaga bahkan bisa terakselerasi dengan lebih cepat,” katanya.

Dia menambahkan Indonesia masih mempunyai banyak keuntungan memasuki tahun 2023.

"Ketika kondisi global mendapatkan efek negatif pasca pandemi, Indonesia justru bisa bangkit lebih cepat. Indonesia mempunyai potensi yang jauh lebih besar daripada tantangan yang ada. Narasi resesi akan terpinggirkan dengan optimisme ekonomi,” tutupnya.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA