Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Saran Apindo buat Pemerintah untuk Waspadai Resesi Tahun 2023

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 30 Desember 2022, 01:59 WIB
Saran Apindo buat Pemerintah untuk Waspadai Resesi Tahun 2023
Ilustrasi/Net
Tantangan ekonomi di fase perfect storm tahun depan nanti akan dihadapi oleh sejumlah negara, termasuk Indonesia. Pemerintah diminta untuk mewaspadai terjadinya resesi di tahun depan.

Ketua Komite Analis Kebijakan Ekonomi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Ajib Hamdani menuturkan, pemerintah perlu memitigasi beberapa hal agar pertumbuhan ekonomi bisa berjalan baik di 2023 mendatang.

"Pertama adanya pelemahan daya beli masyarakat. Sampai dengan Bulan Desember 2022 ini, pemerintah masih bisa mengintervensi dan menjaga daya beli masyarakat melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dialokasikan melalui APBN,” kata Ajib kepada wartawan, Kamis (29/12).

Menurutnya, program ini cenderung tidak bisa dilanjutkan oleh pemerintah, sehingga akan membuat konstraksi dalam kemampuan daya beli masyarakat.

"Padahal daya beli inilah yang menjadi kekuatan konsumsi masyarakat, dan yang menjadi penopang signifikan PDB Indonesia,” imbuhnya.

Tantangan kedua adalah potensi inflasi yang naik dibandingkan kondisi tahun 2022. Inflasi ini secara substantif mengurangi kesejahteraan masyarakat.

"Tantangan ketiga adalah pengangguran yang jumlahnya akan semakin naik. Tantangan keempat adalah kenaikan suku bunga yang cukup tinggi sebagai akibat kenaikan suku bunga acuan yang dilakukan oleh BI,” katanya.

"Dari sisi produksi, akan mengatrol cost of fund yang menjadi bagian penting Harga Pokok Penjualan (HPP). Sedangkan dari sisi masyarakat, akan menambah beban untuk kredit konsumsi,” tutupnya.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA