Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Pertama Pameran Food Africa 2022, Indonesia Kantongi Potensi Transaksi Rp 203 Milliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 07 Desember 2022, 08:19 WIB
Hari Pertama Pameran Food Africa 2022, Indonesia Kantongi Potensi Transaksi Rp 203 Milliar
Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf saat membuka secara resmi Paviliun Indonesia dalam Pameran Food Africa 2022 ke-7, Senin 5 Desember 2022/Net
RMOL.  Kerja sama Indonesia dengan Mesir semakin menunjukkan perkembangan yang positif. Dalam Pameran Food Africa 2022 ke-7 yang digelar pada 5-7 Desember 2022 di Egypt International Exhibitions Center, Kairo, Mesir, Indonesia bahkan berhasil mencatat transaksi yang mencapai  Rp 203 miliar hanya di hari pertama pelaksanaannya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf  saat membuka secara resmi Paviliun Indonesia pada pameran tersebut mengatakan bahwa Indonesia tidak pernah absen dalam Pameran Tahunan Food Africa. Menurutnya, ini adalah  bentuk upaya dukungan Pemerintah RI dalam meningkatkan kinerja pangsa pasar ekspor produk Indonesia, khususnya makanan dan minuman di kawasan Timur Tengah, Afrika dan kawasan Mediterania.

Upaya ini juga untuk mempertahankan posisi pasar produk Indonesia dan mencari peluang potensi baru di kawasan,  di tengah situasi ekonomi global belum stabil.

"Kita mengharapkan para pelaku usaha Indonesia dapat tetap secara berkelanjutan mempromosikan produk unggulannya  ke Mesir, meskipun suasana ekonomi global belum stabil. Karena pasar Mesir pada dasarnya membutuhkan produk makanan dan minuman, dimana lebih dari 75 persen pangsa pasar ekspor produk Indonesia di Mesir adalah makanan dan minuman," ujar Dubes dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita Politik RMOL.  

Ekspor impor Indonesia dan Mesir periode Januari - September 2022 sama sama meningkat, sehingga perdagangan kedua negara saling melengkapi dan kerjasama ekonomi terus dibangun," kata Dubes.

Mengenai potensi transaksi yang menggembirakan di hari pertama, atase Perdagangan Kairo, Irman Adi Purwanto Moefthi, mengungkapkan suka citanya.  Ia berharap  hingga hari terakhir pameran nanti potensi transaksi ini akan semakin meningkat.

Produk-produk yang dipamerkan antara lain  kopi, rempah rempah, saus dan bumbu masakan, minuman kemasan, tanaman herbal, pakan ternak dan mesin pengolahan sampah industri dan rumah tangga, serta produk turunan minyak sawit.

Turut hadir bersama Dubes Lutfi, adalah Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Kairo Dadang Rahmat dan perwakilan dari Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI.

Paviliun Indonesia yang bertema Merah Putih juga mendapat kunjungan dari  Menteri Perdagangan dan Perindustrian Republik Arab Mesir Ahmed Samir, Menteri Suplai dan Perdagangan Dalam Negeri Republik Arab Mesir Ali Moselhi, serta Ketua Egyptian-Indonesian Business Council (EIBC) Sherif el Gabali.

Pameran diikuti kurang lebih 30 negara di antaranya Jerman, Italia, Rusia, Turki, Saudi Arabia, Malaysia, Pakistan, India, Jepang, Kuwait, dan Indonesia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA