Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pimpin Delegasi RI Hadiri Dewan MEA, Menko Airlangga: Kerjasama Perkuat Hadapi Ancaman Krisis

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 10 November 2022, 18:06 WIB
Pimpin Delegasi RI Hadiri Dewan MEA, Menko Airlangga: Kerjasama Perkuat Hadapi Ancaman Krisis
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memimpin delegasi Indonesia melakukan pertemuan dengan Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di Phnom Penh, Kamboja/Ist
Pertemuan Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di Phnom Penh, Kamboja, Rabu kemarin (9/11), diyakini pemerintah Indonesia sebagai ajang memperkuat kerjasama antar negara-negara anggota mitra.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto menjelaskan, dirinya yang memimpin delegasi Indonesia menyampaikan maksud dari pertemuan Dewan MEA tersebut.

"Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat kesiapan ASEAN menghadapi tantangan dan ancaman krisis," ujar Airlangga melalui akun Twitternya, Kamis (10/11).

Pertemuan ini, menurut Ketua Umum Partai Golkar itu juga sebagai ajang untuk memperkuat kapasitas ketahanan sosial ekonomi secara berkelanjutan.

"Tentunya untuk mewujudkannya diperlukan kerjasama antar negara ASEAN dan negara-negara mitranya," katanya.

Kerjasama yang perlu dibangun dan diperkuat oleh negara-negara anggota mitra ASEAN diharapkan bisa dilakukan dalam segala sektor.

"Lintas sektoral, khususnya pertanian, energi, dan transportasi," sambungnya memaparkan.

Selain itu, Airlangga yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian ini juga memandang perlu adanya koordinasi yang kuat di antara negara-negara anggota mitra ASEAN.  

"ASEAN dan negara-negara anggotanya harus pula memastikan dan berkoordinasi secara kokoh agar semua agenda dan inisiatif baik dapat berjalan secara efektif," demikian Airlangga menutup.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA