Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dukung G20, 200 UMKM Jabar Siap Go International

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 06 November 2022, 12:35 WIB
Dukung G20, 200 UMKM Jabar Siap Go International
Ketua Umum IKA UNPAD Irawati Hermawan/Net
Sebanyak 200 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terpilih bersiap untuk memasarkan produknya di skala global sebagai bagian dari dukungan terhadap Presidensi G20 Indonesia.

Mereka merupakan UMKM yang terpilih dari lebih 750 yang mendaftar dalam acara UMKM Talkshow dan Expo pada Minggu (6/11). Mereka yang terpilih dapat menjajakan produknya di depan Gedung Sate mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Kegiatan ini digagas oleh enam ikatan alumni perguruan tinggi, yaitu IKA UNPAD, IA ITB, ILUNI UI, IKA UNPAR, IKA UPI, dan HA IPB. Tujuannya untuk memperkuat UMKM.

Selain itu, kegiatan ini juga bekerja sama dengan W20 (Women 20) dan Atalia Praratia Kamil sebagai Ketua Steering Committee.

Dijelaskan oleh Ketua Umum IKA UNPAD Irawati Hermawan, kegiatan ini merupakan langkah awal dari program yang lebih besar, yaitu membawa para UMKM untuk go international dengan mengekspor produk-produknya.

Ketua IKA UNPAR Ivan Sadik mengatakan, kegiatan ini dapat membantu UMKM untuk berkembang maju, di samping juga dapat membuka lapangan pekerjaan dan menghasilkan devisa bagi negara.

"(Gagasan ini) akan digulirkan menjadi salah satu usulan W20 kepada Pemerintah bahwa UMKM Indonesia menjadi salah satu motor penggerak 'recover together recover stronger' yang merupakan jargon W20 Presidensi Indonesia, serta akan terus digulirkan ke presidensi India, Bazil dan seterusnya," terang Ketua W20 Indonesia, Uli Hadriani Silalahi.

ARTIKEL LAINNYA