Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Eisha Rachbini: Jadi Biang Kerok Inflasi, Masalah Rantai Pasok Harus Dibenahi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 21 Oktober 2022, 12:10 WIB
Eisha Rachbini: Jadi Biang Kerok Inflasi, Masalah Rantai Pasok Harus Dibenahi
Ekonom INDEF Eisha Rachbini/Net
rmol news logo Masalah dalam rantai pasok menjadi salah satu penyebab utama inflasi. Sehingga penting untuk mengendalikannya.

Kementerian Keuangan sendiri telah menggunakan instrumen fiskal untuk mendukung pengendalian inflasi dengan memberikan insentif kepada setiap daerah yang inflasinya lebih rendah dari inflasi nasional.

Namun di samping itu, ekonom INDEF Eisha Rachbini menilai, penting untuk menyelesaikan masalah rantai pasok dalam negeri lantaran hal ini selalu berulang. Dalam hal ini ia menekankan pentingnya penggunaan teknologi.

“Penggunaaan teknologi bisa membantu, misalnya real time data untuk supply, data produksi, sampai data demand yang dibutuhkan masyarakat, juga industri harus sinkron. Dibutuhkan koordinasi antar lembaga berwenang yang baik,” jelas Eisha pada Jumat (21/10).

“Harga bahan pokok naik akibat masalah mismanagement di rantai pasok,” tambahnya.

Rantai pasok dalam negeri, lanjut Eisha, perlu dibenahi. Mulai dari produsen, petani, sampai konsumen.

"Permasalahan rantai pasok terutama pada food commodity, seperti misalnya bahan-bahan pokok kapan supply lagi tinggi, bisa disimpan di-manage dengan baik, ketika supply lagi sedikit, misal akibat cuaca buruk, bisa diantisipasi,” demikian Eisha. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA