Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KUB bank bjb Makin Kuat, Kini Giliran Bank Sultra Ikut Gabung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 29 September 2022, 18:25 WIB
KUB bank bjb Makin Kuat, Kini Giliran Bank Sultra Ikut Gabung
Penandatanganan Letter of Intent antara bank bjb dan Bank Sultra/Ist
rmol news logo Pelaksanaan sinergi bisnis Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang diinisiasi bank bjb semakin meluas dan intens menuju skema penguatan permodalan melalui Kelompok Usaha Bank (KUB).

bank bjb sebelumnya menyetorkan dana tahap pertama senilai Rp 100 miliar untuk penyertaan modal Bank Bengkulu dalam kerangka KUB melalui penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) pada akhir Juli 2022 lalu. Kini Bank Sultra berencana bergabung dalam KUB bank bjb melalui penandatanganan Letter of Intent (LoI) bersama, Kamis (29/9).

Penandatanganan LoI dilakukan Dirut bank bjb, Yuddy Renaldi bersama Dirut Bank Sultra, Abdul Latief dan Komut Bank Sultra, Suhud.

Melalui LoI tersebut, bank bjb dan Bank Sultra berkomitmen menjalin sinergi bisnis yang dapat menciptakan nilai positif bagi kedua belah pihak serta melakukan langkah-langkah yang diperlukan sesuai Peraturan OJK (POJK) 12/2020, termasuk penyertaan modal sehingga Bank Sultra dapat menjadi anggota KUB bank bjb.
 
“bank bjb hadir dan siap untuk memberikan pengalamannya sebagai BPD pionir dalam melakukan berbagai langkah strategis, termasuk berbagai aksi korporasi permodalan," kata Yuddy Renaldi.

Hal itu juga dinilai sebagai privileged bagi bank bjb untuk dapat berbagi pengalaman kepada BPD, sehingga dapat bertumbuh kembang dan besar bersama-sama.

"Terlebih dengan karakteristik bisnis model, ekosistem dan stakeholders yang serupa, sinergi sesama BPD lebih mudah untuk diimplementasikan tanpa menghilangkan ciri khas kedaerahan masing-masing BPD," paparnya.
 
Pelaksanaan KUB dengan sesama BPD lainnya di Indonesia merupakan upaya memperkuat eksistensi BPD dalam mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Selain itu, bank bjb juga dapat memberikan nilai tambah bagi BPD yang bergabung dalam KUB.

Selain sebagai BPD dengan ukuran terbesar, infrastruktur yang mumpuni, bank bjb juga merupakan satu-satunya BPD yang telah berpengalaman dan mengantongi izin OJK dalam menjadi perusahaan induk dalam KUB bersama bank bjb syariah.

bank bjb juga merupakan satu-satunya BPD dengan peringkat Double A dari Pefindo sehingga tentu dapat memberikan nilai positif terhadap KUB-nya.

Di saat bersamaan, bank bjb juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank Sultra tentang Pengelolaan Likuiditas Peserta Tidak Langsung (PTL) oleh Bank Sponsor Dalam Rangka Penyelenggaraan Transaksi Bank Indonesia – Fast Payment (BI-FAST).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Information Technology, Treasury & International Banking bank bjb, Rio Lanasier dan Dirut Bank Sultra, Abdul Latif. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA