On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Setelah Indonesia Digital Meet Up 2022, bank bjb Dukung Digitalisasi UMKM Lewat Program YEZ

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 10 September 2022, 20:41 WIB
Setelah Indonesia Digital Meet Up 2022, bank bjb Dukung Digitalisasi UMKM Lewat Program YEZ
bank bjb berpartisipasi mendukung gelaran acara Indonesia Digital Meet Up 2022 yang digelar di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta Selatan/Ist
Sebagai bank pembangunan daerah (BPD) yang berfokus pada inovasi digital, bank bjb berpartisipasi mendukung gelaran acara Indonesia Digital Meet Up 2022 yang digelar di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta Selatan, pada Kamis (1/9) dan Jumat (2/9).

Acara ini, turut dihadiri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sejumlah inovasi digital diperkenalkan bank bjb. Di antaranya adalah produk digital payment bank bjb yakni DIGI dan Digicash by bank bjb yang telah banyak digunakan nasabah.

Produk digital payment ini sangat cocok digunakan oleh pelaku maupun konsumen UMKM yang telah banyak beralih ke sistem pembayaran cashless.

Adapun DIGI by bank bjb merupakan aplikasi yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan, pembayaran maupun pembelian dengan menggunakan gawai.

Selain memiliki aplikasi DIGI, bank bjb juga telah memiliki uang elektronik yaitu DigiCash. Aplikasi Digicash tersebut dapat diunduh dan digunakan oleh masyarakat luas tanpa harus memiliki rekening bank bjb terlebih dahulu.

Selain itu, bank bjb juga telah mendukung layanan QRIS, yakni alat pembayaran realtime tanpa cash untuk merchant ataupun tenant UKM di seluruh Indonesia. Salah satu kelebihan dari QRIS by bank bjb adalah dana pendapatan UKM dapat diterima secara realtime, sehingga UKM tidak perlu menunggu lama untuk penerima pendapatan dari penjualan hariannya.

Pada event Indonesia Digital Meet Up 2022 tersebut, bank bjb menghadirkan program yang menarik. Pengunjung yang melakukan aktivasi Digicash by bank bjb berkesempatan mendapatkan saldo Digicash senilai Rp 10.000. Saldo tersebut bisa digunakan untuk bertransaksi di acara Digital Meet Up 2022.

Selain itu, pengunjung yang telah melakukan banyak transaksi menggunakan Digiash by bank bjb berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan total senilai Rp 3.000.000.

Selain memberi edukasi terkait produk digital banking bank bjb, upaya mendorong digitalisasi UMKM oleh bank bjb juga dilakukan lewat event Young Entrepreneur Success Zone (YEZ). Acara ini adalah ajang kompetisi inovasi bisnis bagi para pelaku UMKM Indonesia.

Para pesertanya berkesempatan meraih total hadiah Rp 230 juta. YEZ 2022 by bank bjb akan diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia, meliputi Batam, Kepulauan Riau (10 September 2022), Ubud, Bali (27 September 2022), Makassar, Sulawesi Selatan (5 Oktober 2022), dan Bandung, Jawa Barat (13 Oktober 2022).

Adapun semifinal YEZ akan diselenggarakan di Kota Bandung pada 20 Oktober 2022, dan grand final pada 28 Oktober 2022 di kota yang sama.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, bank bjb memiliki komitmen tinggi dalam memajukan UMKM di Jawa Barat maupun nasional melalui digitalisasi perbankan.

“bank bjb adalah salah satu BPD yang sudah menerapkan inovasi digital dalam berbagai produk perbankannya. Hal tersebut akan memudahkan nasabah, termasuk para pelaku UMKM untuk bertransaksi dengan lebih cepat dan praktis," kata Widi dalam keterangannya, Sabtu (10/9).

"Kemudahan bertransaksi inilah yang nantinya akan berpengaruh pada kemajuan bisnis UMKM,” demikian Widi.

ARTIKEL LAINNYA