Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beri Penghargaan, Pemerintah Akui Peran Penting Bank BTN Hadirkan Rumah Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 26 Agustus 2022, 17:26 WIB
Beri Penghargaan, Pemerintah Akui Peran Penting Bank BTN Hadirkan Rumah Rakyat
Pemerintah memberikan penghargaan kepada Bank BTN atas konsistensi menghadirkan perumahan bagi rakyat/Ist
rmol news logo Apresiasi tinggi diberikan pemerintah kepada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk yang telah berkomitmen dan berkontribusi dalam mendukung program perumahan nasional.

Penghargaan tersebut diberikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada puncak Hari Perumahanan Nasional (Hapernas), Kamis (25/8).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menegaskan, pemerintah terus berkomitmen mewujudkan hunian layak dan terjangkau, di antaranya dengan memastikan anggaran subsidi pembiayaan rumah subsidi.

“Pemerintah memastikan FLPP terus naik dengan Mitra BTN ini, di mana tahun depan anggaran yang disediakan sebanyak 220.000 unit," kata Menteri Basuki.

Secara keseluruhan, bantuan pemerintah untuk perumahan naik dari Rp 29 triliun tahun 2022 menjadi Rp 34 triliun tahun 2023.

Di sisi lain, Menteri Basuki juga mengajak generasi muda untuk membeli rumah, misalnya rumah dengan sistem Transit of Development (TOD).

“Kalau TOD beli rumah dapat kereta api, jadi punya rumah setiap saat dijemput kereta api. Yang kedua, kalau mengontrak harga pasti naik, sementara kalau cicilan makin lama makin kecil,” sambung Basuki.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Kementerian PUPR.

“Terima kasih atas dukungan penuhnya, termasuk kepada masyarakat sehingga Bank BTN dapat berkontribusi secara maksimal kepada sektor perumahan nasional,” kata Haru.

Bank dengan kode saham BBTN ini mencatatkan penyaluran KPR sejak 1976 hingga pertengahan tahun ini mencapai kurang lebih 5 juta unit, di mana 3,9 juta unit di antaranya adalah KPR Subsidi dengan nilai penyaluran KPR sebesar Rp 209,7 triliun.

Dengan pencapaian tersebut, Bank BTN menjadi penguasa pangsa pasar KPR Subsidi dimana per Maret 2022 BTN memegang 38,5 persen pangsa pasar KPR, sementara di segmen KPR subsidi BTN menguasai  84,5 persen pasar.

Haru pun memastikan Bank BTN tidak terbatas hanya pada pembiayaan terhadap supply dan demand perumahan saja, tetapi juga melalui pelaksanaan program-program yang memudahkan calon konsumen untuk mengakses dan memperoleh fasilitas KPR, mulai dari pelayanan KPR online melalui aplikasi BTN Properti, portal rumahmurahbtn, dan aplikasi lain dalah ekosistem perumahan digital.

Pada masa yang akan datang, kata Haru, Bank BTN akan terus ekspansi tidak hanya kepada sektor perumahan, tetapi juga subsektor perumahan.

"Sehingga terbentuk ekosistem perumahan yang sustain dan memberi manfaat maksimal dalam pertumbuhan ekonomi Negara Indonesia,” tutup Haru. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA