Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sukses Akselerasi Bisnis, bank bjb Raih Innovative Bank in Digital Acceleration

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 16 Agustus 2022, 18:59 WIB
Sukses Akselerasi Bisnis, bank bjb Raih <i>Innovative Bank in Digital Acceleration</i>
bank bjb meraih dua penghargaan yaitu Innovative Bank in Digital Acceleration dan penghargaan Kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) Wilayah Jawa-Bali/Ist
rmol news logo Terobosan dan ide kreatif yang konsisten dilakukan manajemen, mengantarkan bank bjb meraih dua penghargaan yaitu Innovative Bank in Digital Acceleration dan penghargaan Kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) Wilayah Jawa-Bali.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penghargaan itu, diterima bank bjb dalam acara Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022 yang selenggarakan Harian Bisnis Indonesia, di The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Senin (15/8).

Kedua penghargaan tersebut diterima oleh perwakilan bank bjb oleh Pemimpin Divisi Digital Banking bank bjb Arfianto Ramadhian. Turut hadir Menteri Koordinasi Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang.

Dikatakan Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto, pengharagaan itu diraih tidak lepas dari inovasi berbasis digitalisasi yang dilakukan bank bjb, untuk terus mendorong inklusi keuangan.

"Tujuannya, dapat memberikan solusi-solusi keuangan digital dan turut mengembangkan literasi keuangan di daerah," ujar Widi Hartoto dalam keterangannya, Selasa (16/8).

Ke depan, kata dia, bank bjb yang merupakan salah satu perbankan terbesar di Indonesia, juga akan semakin fokus melakukan transformasi digital dengan memperkuat infrastruktur teknologi sistem pembayaran sebagai jangkar optimalisasi pendapatan.

Lanjutnya, terlebih saat ini pola perilaku masyarakat mulai beralih kepada transaksi digital. Sehingga, bank bjb terus berupaya meningkatkan inovasi produk, jasa dan layanan perbankan untuk terus menggenjot pertumbuhan bisnis.   

"Bahkan, saat ini telah terbentuk ekosistem digital yang meliputi pengguna aplikasi mobile bjb DIGI sebanyak lebih dari 849 ribu pengguna, atau tumbuh hampir 5 kali lipat dari tahun 2020," terangnya.

Masih kata Widi, QRIS merchant bank bjb juga tumbuh hampir 90 kali lipat dari semula 7.458 merchant di tahun 2020 dan saat ini menjadi lebih dari 655 ribu merchant. Agen Laku Pandai melalui bjb BiSA yang saat ini lebih dari 7.500 agen dan kedepannya akan terus dikembangkan melalui skema kerjasama dengan berbagai pihak.

"Ekosistem digital bank bjb tersebut menyumbang hampir 40 persen fee based income bank bjb yang tumbuh 28,8 persen secara year on year," ucap Widi.

Saat ini, sambungnya, bank bjb sudah memperkuat berbagai infrastruktur di sektor digital. Misalnya, pengembangan digitalisasi bank bjb dilakukan dengan Amazon Web Service (AWS), PT DCI Indonesia, serta Alibaba Cloud.

Berkat terobosan dan akselerasi digital yang dilakukan, kata Widi lagi, bank bjb berhasil mencatat laba Rp1,49 triliun pada kuartal II-2022 atau tumbuh 28,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Pencapaian ini tak lepas dari kinerja digitalisasi bank bjb.

Disampaikan Widi, di tengah kondisi industri perbankan yang tertekan akibat pandemi, bank bjb secara konsisten terus mencatatkan kinerja terbaik sampai dengan Triwulan II tahun 2022.

"Total aset bank bjb tumbuh 14,6 persen menjadi Rp 172,4 triliun atau berada di atas pertumbuhan BPD yakni sebesar 11,7 persen dan bahkan lebih baik dari pertumbuhan perbankan nasional yakni sebesar 9,2 persen," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA