Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Daya Saing UMKM Syariah, MES Buka Workshop Batch Kedua di Kawasan Kuliner Kauman Solo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 15 Agustus 2022, 14:37 WIB
Tingkatkan Daya Saing UMKM Syariah, MES Buka Workshop Batch Kedua di Kawasan Kuliner Kauman Solo
MES menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas UMKM Syariah batch kedua di Kawasan Kuliner Kauman Solo pada Senin, 15 Agustus 2022/Ist
rmol news logo Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kapasitas UMKM syariah, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menggelar workshop untuk kedua kalinya di Kawasan Kuliner Kauman Solo.

Workshop Peningkatan Kapasitas UMKM Syariah ini pertama kali diresmikan oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka pada 28 Juli 2022.

Kali ini, Senin (15/8), workshop dibuka dengan bekerja sama dengan Bio Farma dan Bank Indonesia. Ini dilakukan sebagai bagian dari rangkaian program pemberdayaan dan pembinaan komunitas UMKM di Kawasan Kuliner Kauman, Kota Solo.

Mengambil tema “UMKM Kuliner Kawasan Kuliner Kauman yang Berdaya Saing”, workshop batch kedua digelar selama sehari penuh bersama sejumlah pemateri, di antaranya Training Provider IARFC Ginanjar Rahmawan, Komite Digitalisasi Keuangan dan Bisnis PP MES Ari Pratiwi, Creative Space Solo Joko Purwono, dan Perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Pemkot Surakarta Teguh Wiji Setyahadi.
Peserta workshop batch kedua merupakan 30 orang alumni workshop batch pertama.

Untuk workshop batch kedua difokuskan pada materi peningkatan daya saing dan kapasitas usaha pelaku UMKM dalam aspek administrasi dan legalitas usaha, pencatatan keuangan, hingga pemasaran digital.

"Batch kedua ini menghadirkan peserta yang tetap, tapi dengan penambahan materi terkait dengan pengembangan usaha," ujar Ketua Pokja Pengembangan Kawasan Kuliner Halal Kauman PP MES Addin Jauharuddin dalam sambutannya.

Addin berharap, seluruh peserta pada workshop kali ini dapat memahami secara komprehensif berbagai hal terutama seputar perizinan usaha, pencatatan keuangan, hingga strategi pemasaran.

Turut memberikan sambutan, Lurah Kauman Muhammad Nursalim mengapresiasi upaya MES untuk diselenggarakannya program tersebut.

Ia juga berkomitmen akan menjadi pendorong utama peningkatan kapasitas para pelaku UMKM di Kauman. Secara khusus, ia berharap Keuman dapat berkembang seperti Joger yang ada di Bali sebagai destinasi oleh-oleh wisatawan.

Selaku perwakilan Bio Farma, Manajer Administrasi TJSL Bio Farma Hazairin Lathif berharap pelatihan batch kedua ini dapat mendorong peningkatan kapasitas UMKM dalam hal yang paling mendasar, yaitu perihal keuangan, pemasaran, dan perizinannya.

Turut hadir dalam acara meliputi Ketua Umum PD MES Surakarta, Kepala KPw Bank Indonesia Solo, Ketua Baznas Kota Solo, dan Ketua Komunitas Kuliner Halal Kauman.

Dalam workshop batch kedua ini juga dilakukan penyerahan bantuan peralatan usaha kepada Komunitas Kuliner Halal Kauman, diantaranya berupa mesin vacuum sealer dan spinner.

Penyerahan dilakukan oleh Hazairin Lathif selaku perwakilan Bio Farma kepada Muhammad Nursalim sebagai Lurah Kauman.

Setelah batch kedua berakhir, workshop akan dilakukan ke batch ketiga dalam waktu dekat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA