Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kolaborasi bank bjb dan Jalin Dorong Inklusi Keuangan Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 14 Juli 2022, 12:53 WIB
Kolaborasi bank bjb dan Jalin Dorong Inklusi Keuangan Nasional
Kolaborasi bank bjb dan Jalin dalam mendorong inklusi keuangan digital/Ist
rmol news logo Upaya mendorong inklusi keuangan nasional lewat digitalisasi perbankan terus dilakukan bank bjb melalui kolaborasi bersama PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kolaborasi ini tertuang dalam penandatanganan perjanjian bersama dalam gelaran Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 yang diselenggarakan 11 sampai 15 Juli 2022 di Bali.
 
Direktur Information Technology, Treasury & International Banking bank bjb, Rio Lanasier mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud konkret bank bjb dalam mengakselerasi digitalisasi perbankan di Indonesia.

“Kerja sama ini tidak hanya membawa nilai bisnis bagi bank bjb, namun juga dapat dirasakan oleh para nasabah," kata Rio dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/7).

Sebagai member Jalin, bank bjb diharapkan dapat memberikan solusi-solusi keuangan digital dan turut mengembangkan literasi keuangan di daerah.
 
Tahap awal kolaborasi tersebut diwujudkan dalam layanan switching Link ATM bank bjb yang mempermudah interkonektivitas bagi para nasabah serta meningkatkan efisiensi operasional perbankan. Layanan tersebut akan mencakup fitur-fitur mendasar seperti cek saldo, tarik tunai, transfer di ATM maupun mobile banking dan internet banking, serta di agen Laku Pandai (Mini ATM).

Untuk tahap selanjutnya, bank bjb dan Jalin memiliki inisiatif kerja sama dalam rangka inovasi layanan digital yang terakomodir dalam fitur ATM seperti tarik tunai tanpa kartu (cardless withdrawal) dan lain-lain.

"bank bjb senantiasa terus melakukan inovasi dan kolaborasi untuk menghadirkan layanan yang semakin mudah bagi nasabah," lanjut Rio.

Di sisi lain, Dirut Jalin, Boyke Yurista berharap kolaborasi bersama bank bjb dapat menjadi dorongan inklusi keuangan yang berangkat dari daerah.

Menurutnya, bank bjb yang merupakan salah satu member BPD terbesar di Jalin dapat lebih fokus melakukan transformasi digital dengan memperkuat infrastruktur teknologi sistem pembayaran sebagai anchor optimalisasi pendapatan.
 
Hal ini juga dapat digunakan sebagai jembatan kolaborasi dengan nilai tambah yang sangat luas bagi kedua belah pihak baik dari segi efisiensi operasional maupun business process sehingga bisa fokus terhadap pengembangan bisnis berbasis layanan maksimal kepada nasabahnya.
 
Jalin sendiri terus berupaya meningkatkan inovasi produk dan layanan untuk terus menggenjot pertumbuhan yang dituangkan dalam roadmap The National Digital Highway seiring perubahan pola perilaku masyarakat ke digital.

"Hal ini juga selaras dengan agenda Pemerintah untuk mendorong inklusi keuangan dalam presidensi G20,” demikian Boyke. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA