Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dukung Pemerintah, bank bjb Konsisten Bina Petani Lewat Pola Kemitraan

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 13 Juli 2022, 10:54 WIB
Dukung Pemerintah, bank bjb Konsisten Bina Petani Lewat Pola Kemitraan
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Subang, Jawa Barat/Net
Upaya pemerintah dalam membangun ketahanan pangan melalui pembinaan petani selama ini sudah dijalankan bank bjb melalui pola kemitraan.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto mengatakan, pihaknya sejak awal telah melakukan pembiayaan kepada sektor pertanian dengan berbagai komoditas, termasuk komoditas porang dalam rangka mendukung ketahanan pangan melalui pola kemitraan.

"Kami senantiasa mendukung pemerintah membangun ketahanan pangan melalui pembiayaan, inovasi dan pembinaan kepada para petani dengan pola kemitraan yang sangat menguntung," ujar Widi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/7).

Saat ini, bank bjb telah melakukan kerja sama dengan sejumlah offtaker untuk memenuhi stok pangan nasional dan menjamin kepastian pasar sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani/nelayan/peternak.

Selain itu, bank bjb juga berperan aktif mendukung program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan sektor UMKM. Salah satunya pembiayaan melalui produk KUR.

Melalui bjb KUR Juara (Jalan Menuju Sejahtera) selain debitur mendapatkan pembiayaan, dalam rangka meningkatkan kapasitasnya bank bjb memberikan program PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu) melalui pelatihan, pendampingan dan kegiatan lainnya.

"bank bjb memiliki sejumlah fasilitas yang siap memanjakan petani dan UMKM agar bisnisnya bisa terus tumbuh dan berkembang lebih baik," kata Widi.

Selasa kemarin, Presiden Joko Widodo meninjau unit produksi benih sumber padi, hingga meninjau varietas padi di Subang, Jawa Barat.

Dalam kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi juga meninjau gelaran pameran produk inovasi Kementerian Pertanian beserta stakeholder, termasuk binaan bank bjb, yaitu komoditas porang melalui offtaker CV Sanindo Putra, komoditas kopi hofland melalui Koperasi Gunung Luhur Berkah, komoditas benih padi melalui CV Fiona yang seluruhnya merupakan binaan bank bjb Cabang Subang.

Selain itu juga komoditas tanaman hias melalui offtaker CV Berkah Bunga Abadi yang merupakan binaan bank bjb Cabang Padalarang.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA