Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tawarkan Solusi Finansial, BTN Targetkan Transaksi Tabungan Bisnis Rp 7 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 10 Juli 2022, 18:22 WIB
Tawarkan Solusi Finansial, BTN Targetkan Transaksi Tabungan Bisnis Rp 7 Triliun
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memperkenalkan mantan atlet bulutangkis nasional Alan Budikusuma dan Susi Susanti sebagai endorser Tabungan BTN Bisnis/Ist
rmol news logo PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk gencarkan pemasaran Tabungan BTN Bisnis dengan menyasar pebisnis dari berbagai segmen dan sektor usaha baik yang berada di industri hulu maupun hilir. Hal ini, sejurus dengan peluncuran Tabungan BTN Bisnis pada akhir Maret 2022 lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Wakil Direktur Utama Bank BTN, Nixon LP Napitupulu menjelaskan, Tabungan BTN Bisnis merupakan inisiatif strategis Bank BTN untuk peningkatan dana pihak ketiga ritel melalui pengembangan current account and saving account berbasis transaksional.

"Tabungan BTN Bisnis yang memberikan kemudahan transaksi kepada segmen pebisnis seperti SME, perdagangan, properti dan lain-lain, baik secara individu maupun secara institusi, ” kata Nixon dalam keterangannya, Minggu (10/7).

Ditambahkan Direktur Distribution and Funding Bank BTN, Jasmin, Tabungan BTN Bisnis dapat menunjang aliran transaksi diantara para pedagang dari supplier, pengolah bahan baku maupun penjual di rantai bisnis industri.

“Bank BTN terus berupaya melakukan pendekatan dengan pengusaha yang berbisnis produk buatan dalam negeri sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI),” ujarnya.

Apalagi, menurut Jasmin, pertumbuhan bisnis produk lokal makin diminati dengan kualitas dan produk yang inovatif.

“Pertumbuhan bisnis yang pesat perlu didukung layanan perbankan yang mumpuni dan mendukung transaksi,” katanya.  

Hal tersebut juga menjadi latar belakang Bank BTN menjadikan  Alan Budikusuma dan Susi Susanti, mantan atlet bulutangkis nasional yang kini menjadi pebisnis produk olahraga menjadi model iklan Bank BTN.

"Alan dan Susi mereprestentasikan pengusaha yang sukses dengan produk lokal yang inovatif dan mampu bersaing dengan produk internasional," terangnya.

Tabungan BTN Bisnis mengandalkan sejumlah fitur menarik untuk mendukung transaksi bisnis para pengusaha, di antaranya besaran limit transaksi. Misalnya, nilai transfer antar rekening BTN maupun bank lain lebih besar. Selain itu, Tabungan BTN Bisnis masih menerapkan bebas biaya transfer dan administrasi.

“Yang juga istimewa dari Tabungan BTN Bisnis adalah rincian informasi terkait transaksi bisnis yang detail misalnya mencantumkan identitas pengirim dana dan informasi metode transaksi yang masuk, apakah dengan Qris atau EDC dan sebagainya,” kata Jasmin menambahkan.

Bank dengan kode saham BBTN ini menggarap Tabungan BTN Bisnis sejak akhir Maret 2022 dan mencatatkan jumlah tabungan mencapai 15.000 rekening. Sementara Value of Account atau VOA  sekitar Rp 1,5 triliun.  

Adapun komposisi pemegang Tabungan BTN Bisnis mayoritas atau sekitar 90 persen adalah individu sementara sisanya adalah lembaga.

“Seiring dengan peningkatan jumlah nasabah, tahun 2022 kami perkirakan volume transaksi Tabungan BTN Bisnis mencapai Rp 5 hingga 7 triliun,” kata Jasmin lagi.

Dengan Tabungan BTN Bisnis, Jasmin berharap dana pihak ketiga (DPK) Bank BTN semakin besar terutama porsi current account and saving account (CASA). Per Mei 2022, DPK tumbuh positif sebesar 7,57 persen (YoY) di mana secara rasio CASA tumbuh 2,83 persen (YoY) dari 41,24 persen pada Mei 2021 menjadi 44,08 persen di Mei 2022.

Bank BTN juga menawarkan solusi finansial lain seperti pinjaman Kredit Usaha Rakyat atau KUR dengan nilai pinjaman hingga Rp 500 juta bagi para pebisnis yang membuka Tabungan BTN Bisnis.

Tabungan BTN Bisnis ditargetkan dapat menyentuh kisaran Rp 4-7 triliun dan jumlah NOA dapat mencapai sekitar 40.000 rekening. Tabungan BTN Bisnis akan menjadi salah satu andalan Bank BTN dalam mengejar target pertumbuhan DPK tahun ini yang dipatok tumbuh 9-11 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA