Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemprov Jabar dan bank bjb Gelar Forum Offtaker Mendukung Petani Milenial

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 07 Juli 2022, 17:03 WIB
Pemprov Jabar dan bank bjb Gelar Forum Offtaker Mendukung Petani Milenial
Forum Offtaker yang digelar bank bjb dan Pemprov Jawa Barat untuk mendukung Petani Milenial/Ist
rmol news logo Berbagai upaya terus dilakukan bank bjb dalam penguatan program Petani Milenial. Salah satunya dengan menggelar Forum Offtaker bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto mengatakan, Forum Offtaker merupakan forum diskusi yang bertujuan untuk menguatkan program Petani Milenial melalui sinergi bersama.

"bank bjb bersama Pemprov Jabar secara konsisten terus menguatkan program Petani Milenial agar para petani muda mendapatkan banyak kemudahan dalam berbisnis," ujar Widi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/7).

Forum tersebut berlangsung pada Senin (4/7) di Aula Timur Gedung Sate dan dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jabar, M. Taufiq B Santoso; Plt Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jabar, Yuke Mauliani Septina; serta berbagai unsur dari jajaran Pemda Jabar.

Sedangkan dari bank bjb dihadiri oleh Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb, Denny Mulyadi beserta perwakilan dari kantor wilayah dan kantor cabang.

Petani Milenial merupakan program unggulan untuk menjawab persoalan sektor pertanian dengan menggandeng milenial, mitra petani dan pemangku kepentingan di Jawa Barat dalam kolaborasi pentahelix. Mulai dari pemerintah, kampus, pengusaha, komunitas, hingga media massa.

Selain itu, bank bjb juga menyediakan banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan para Petani Milenial, di antaranya bjb KUR Juara (Jalan Menuju Sejahtera).

KUR di bank bjb dibuat berbeda dengan KUR yang disalurkan oleh bank lain karena dilengkapi fitur-fitur khusus yang tidak bank lain miliki demi mendukung UMKM Go Digital.

"bank bjb senantiasa menjadi sahabat Petani Milenial melalui pembiayaan dan pemberdayaan," tutur Widi.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb, Denny Mulyadi menambahkan, bank bjb saat ini menawarkan 3 konsep, yakni Direct to End User, Closed Loop Skema Kemitraan, dan Corporate Farming.

Direct to End User, merupakan pembiayaan langsung bagi para petani milenial yang telah menjalankan usaha pertanian, telah memiliki pasar sendiri serta secara mandiri mampu menjalankan usaha. Dalam skema ini, perusahaan offtaker dapat berperan dalam turut menampung hasil budidaya atau menambah pasar dari petani.

Kemudian Closed Loop Skema Kemitraan menerapkan skema pembiayaan pola kemitraan, di mana end user/debitur adalah petani. Namun petani tersebut adalah mitra dari perusahaan offtaker.

Lalu Corporate Farming. Bank memberikan pembiayaan kepada perusahaan offtaker dengan jumlah pembiayaan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan offtaker.

Nantinya petani akan menjalankan budidaya sesuai dengan arahan dari perusahaan offtaker. Pada skema ini tidak ada keterkaitan petani dengan bank, mungkin bisa saja petani dianggap pegawai oleh offtaker atau dapat juga sebagai mitra, tergantung bentuk kerja samanya nanti.

"bank bjb setia mendukung Petani Milenial yang tujuan akhirnya seperti yang diharapkan oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil yaitu meski tinggal di desa tapi rezeki kota dan bisnis mendunia," kata Denny. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA