Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dalam Sehari, Bank BTN Gelar Akad Massal 10 Ribu Unit Rumah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 27 Juni 2022, 08:41 WIB
Dalam Sehari, Bank BTN Gelar Akad Massal 10 Ribu Unit Rumah
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggelar akad massal program KPR Bersubsidi di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (25/6)/Ist
rmol news logo Akad massal dilakukan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk untuk program Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Tak main-main, akad massal yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan ini sukses menggelar 10.000 unit rumah hanya dalam waktu sehari, Sabtu (25/6).

Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar mengatakan, akad massal serentak KPR Bersubsidi selain sebagai upaya perseroan mendukung Program Sejuta Rumah dari Pemerintah, juga sebagai upaya mengatasi permasalahan pembiayaan perumahan subsidi yang terimbas dampak pandemi Covid-19.

"Kita tunjukkan bahwa KPR itu masih jalan dan akad massal sebagai ajang promosi dan edukasi Bank BTN kepada masyarakat untuk dapat memiliki rumah yang layak dan terjangkau," kata Hirwandi dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/6).

Menurut Hirwandi, Bank BTN sebagai Bank fokus perumahan ikut menopang geliat sektor properti yang memiliki multiple effect ke 174 sektor turunan lainnya dan perseroan akan terus berinovasi mendorong laju penyaluran KPR Bersubsidi untuk membantu pemerintah mempercepat pencapaian Program Satu Juta Rumah.

"Akad massal ini adalah yang ketiga kalinya sejak Januari 2022. Jumlah debitur yang melakukan akad kredit maupun pembiayaan sebanyak 10.000 debitur, yakni 8.500 debitur konvensional dan 1.500 debitur syariah," urainya.

Bank BTN pun berterima kasih kepada Kementerian PUPR dan BP Tapera yang telah memberikan amanah menyalurkan KPR Bersubsidi dengan kuota terbanyak kepada BTN, yaitu 170.000 kuota KPR FLPP, 19.600 kuota KPR BP2BT dan 18.360 kuota KPR Tapera.

"Kegiatan akad massal KPR secara serentak ini merupakan salah satu strategi kami untuk dapat menghabiskan kuota yang telah dipercayakan oleh Pemerintah kepada Bank BTN," ungkapnya.

Calon debitur yang melakukan akad kredit maupun pembiayaan sangat bervariasi karena Bank BTN merupakan satu-satunya Bank yang dapat melayani semua segmen pekerjaan baik itu formal maupun informal.

"Ini merupakan bukti komitmen kami mendukung pemerintah dalam memenuhi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh dan maksimal. Ini tentunya sejalan dengan komitmen perseroan untuk terus menjadi Sahabat Keluarga Indonesia," tutur Irwandi.

Adapun acara Akad Massal Serentak KPR Bersubsidi tersebut mengusung tema “BTN One Stop Housing Solution”, yang memiliki filosofi bahwa semua yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia terkait perumahan ada di Bank BTN. Hal ini karena Semua Ada, Semua Bisa, Semua Segmen, Semua Mudah di Bank BTN.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna berharap, sektor properti yang meliputi 174 subsektor turunan terus tumbuh positif, sehingga mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional dan menyerap semakin banyak tenaga kerja.

"Pemerintah di tahun ini menyediakan berbagai program kemudahan dan bantuan pembiayaan rumah bagi masyarakat di antaranya FLPP, BP2BT, dan Tapera. Masyarakat dapat memanfaatkan berbagai program tersebut sesuai dengan kebutuhan," terang Herry. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA