Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anak Wapres Maruf Amin Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Lifestyle Halal, Ini Tujuannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 16 Juni 2022, 14:33 WIB
Anak Wapres Maruf Amin Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Lifestyle Halal, Ini Tujuannya
Ketua PERSAMI Siti Nur Azizah Ma’ruf dalam acara Seminar Nasional bertajuk “Penguatan Ekosistem Jaminan Produk Halal Indonesia dalam Menghadapi Kompetisi Global”/Repro
rmol news logo Persatuan Saudagar Muslimah Indonesia (PERSAMI) mengajak semua pihak khususnya umat Islam untuk mulai membiasakan gaya hidup halal atau Lifestyle.

Sabab, Halal Lifestyle itu sendiri didasarkan pada prinsip-prinsip syariah dan juga mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian secara perlahan tapi pasti Indonesia akan menjadi pusat halal dunia dan pusat ekonomi syariah dunia.

Begitu antara lain yang disampaikan Ketua PERSAMI Siti Nur Azizah Ma’ruf dalam acara Seminar Nasional bertajuk “Penguatan Ekosistem Jaminan Produk Halal Indonesia dalam Menghadapi Kompetisi Global” yang diselenggarakan oleh Program Studi Doktor Perbankan Syariah FEB UIN Jakarta bekerjasama dengan PERSAMI secara hybrid pada Kamis (16/6).

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menumbuhkan kesadaran bersama Lifestyle Halal dalam rangka memperkuat ekosistem jaminan produk halal Indonesia. Tujuannya tentu kita ingin Indonesia sebagai negara yang mayoritas muslim ini bisa menjadi pusat halal dunia dan pusat ekonomi keuangan syariah dunia,” kata putri Wakil Presiden Maruf Amin ini.

“Mari kita bergandengan tangan bersama-sama mewujudkan niat baik ini yang menjadi cita-cita kita bersama. Semoga Allah meridhoi,” imbuhnya.

Azizah meyakini, target itu akan tercapai jika melihat animo masyarakat muslim di Indonesia. Menurut dia, kesadaran masyarakat atas produk halal terus mengalami peningkatan. Berdasarkan laporan The State of Global Islamic Economic Report tahun 2019-2020 Indonesia berada di peringkat pertama untuk konusmen makanan halal. Lalu, peringkat kedua konsumen kosmetik halal dan peringkat keempat untuk konsumen obat-obatan halal.

“Ini sejalan dengan data peningkatan sertifikasi produk halal,” tuturnya.

“Produk halal memberikan kepastian hukum kepada konsumen yang mengkonsumsi halal lagi baik,” imbuhnya menegaskan.

Puteri keempat pasangan Maruf Amin dan Hj. Siti Churiyyah ini menambahkan, Halal dalam lifestyle bukan hanya soal makanan minuman semata, tetapi juga meliputi semua hal perilaku keseharian yang sesuai dengan hukum Syariat.

Halal Lifestyle sangat berkorelasi dengan perilaku mengkonsumsi. Konsumsi sendiri aktivitas sepanjang hayatnya manusia. Tentu dengan mempertimbangkan makna dan tujuan konsumsi di dalam Islam.  

“Tujuannya adalah untuk ibadah dan HAM,” katanya.

QS Al-Maida Ayat 88 disampaikan bahwa Allah memerintahkan kita untuk memakan makanan yang halal lagi baik. Selain itu, masih kata Azizah, QS Al-Baqarah Ayat 168 dijelaskan bahwa mengkonsumsi makanan halal dan baik sifatnya sangat universal (semua manusia). Tidak hanya jasmani tapi juga ukhrowi karena akan berdampak pada perilaku manusia.

“Tentu ada nilai kemaslahatan mengkonsumsi halalan thayyibah itu,” pungkasnya.

Hadir secara fisik dan virtual narasumber lain dalam acara tersebut antara lain; Staf Ahli Menteri Perindustrian, Andi Rizaldi, Pakar Halal Sains Internsional Irwandi Jaswir, Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham, Sekretaris Dewan Halal Nasional MUI/ Dosen S3 FEB UIN Jakarta Nadratuzzaman Hosen.

Kemudian, Pelaku Industri Halal Ana Mariana, Ketua Dewan Serat Indonesia Euis Saedah, CEO PT. Gaido Group Muhammad Hasan Gaido, dan Chairman Of Allisya Circle, Shanty Laksono.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA