Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Melalui Layanan Dimensy, Univ Bina Darma Terbitkan Ijazah Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 10 Juni 2022, 19:47 WIB
Melalui Layanan Dimensy, Univ Bina Darma Terbitkan Ijazah Digital
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dalam pemenuhan standar pendidikan tinggi secara sistemik dan berkelanjutan, serta menyesuaikan perkembangan teknologi digital dalam revolusi industri 4.0, khususnya untuk legalitas dokumen pada jenjang Perguruan Tinggi.

Kini penggunaan ijazah dan transkrip nilai berbasis digital mulai diterapkan. Sebab, berdasarkan Pasal 1 angka 9 dan angka 10 UU No 19/2016 tentang Perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Ijazah dan dokumen kelulusan elektronik adalah Sertifikat Elektronik yang resmi karena diberikan dan diaudit oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.

Berkaitan dengan pentingnya elemen transformasi digital yang saling terkoneksi, Indonesia memiliki Perpres No 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Universitas Bina Darma, menjadi salah satu pionir dalam melakukan transformasi digital melalui transisi ijazah dan transkrip nilai menjadi bentuk digital dengan menggandeng PT Digital Prima Sejahtera selaku pengembang platform Dimensy untuk produk keamanan digital yang meliputi tanda tangan digital, stempel digital, dan e-meterai berbasis one stop & integrated services.

Dirut PT Digital Prima Sejahtera, Adios Purnama menyampaikan, seluruh ijazah dan transkrip nilai digital yang diterbitkan oleh Universitas Bina Darma diamankan secara kriptografi yang menjamin isi dan keabsahan bahwa dokumen tersebut tidak dapat diubah dan telah tersertifikasi.

“Ijazah dan transkrip nilai dalam format digital akan dibubuhi tanda tangan digital Rektor dan Dekan Universitas Bina Darma yang dapat diverifikasi keabsahannya melalui aplikasi pemindaian,” kata Adios Purnama dalam keterangan tertulis, Jumat (10/6).

Selain itu, kata Adios, ijazah dan transkrip nilai digital memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik. Dengan adanya ijazah dan transkip nilai digital ini, alumni tidak perlu lagi melakukan legalisir ijazah menggunakan cap basah, karena kedua dokumen tersebut telah dilengkapi oleh fitur autentikasi dokumen yang dapat dilakukan secara daring.

“Kami sangat mendukung upaya digitalisasi yang dilakukan oleh Universitas Bina Darma pada kesempatan wisuda tahun ini. Karena dengan tanda tangan digital, keabsahan ijazah dan transkrip dapat diperiksa langsung oleh pihak yang berkepentingan, contohnya ketika alumni melamar kerja ke sebuah instansi, sehingga dapat dilakukan pengecekan tanpa proses yang lama dan tentunya lebih aman dari praktek pemalsuan ijazah.” beber Adios.

Sementara itu, rektor Universitas Bina Darma Palembang Dr. Sunda Ariana menyatakan bahwa dengan adanya ijazah dan transkrip nilai digital ini pihaknya menjadi tenang dari upaya kejahatan seperti pemalsuan ijazah.

“Ijazah dan transkrip nilai digital memiliki kekuatan yang sah secara hukum, dan aman dari pemalsuan maupun pengubahan. Sehingga masyarakat maupun lulusan Universitas Bina Darma tidak perlu khawatir dengan diterapkannya kebijakan baru ini. Jika ada pihak yang ragu, maka dapat menghubungi rektorat Universitas Bina Darma atau melakukan verifikasi dan autentikasi dokumen secara daring.” tambah Dr. Sunda Ariana.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA