Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BTN Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank, dan BCA untuk Pembiayaan Rumah Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 18 Mei 2022, 14:32 WIB
BTN Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank, dan BCA untuk Pembiayaan Rumah Rakyat
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA), Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total 100 juta dolar AS/Ist
rmol news logo PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA), Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total 100 juta dolar AS atau setara dengan Rp 1,4 triliun (Kurs Rp 14.000).

Direktur Utama BTN, Haru Koesmahargyo mengatakan, pinjaman dari JICA merupakan bentuk kepercayaan dunia internasional. Selanjutnya, fasilitas pinjaman tersebut akan digunakan BTN untuk mendukung pembiayaan rumah rakyat dengan menyukseskan pembangunan sejuta rumah.

“Fasilitas pinjaman dari JICA ini merupakan bentuk komitmen dan keseriusan BTN dalam mempercepat pencapaian Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah,” kata Haru dalam keternagannya di Jakarta, Rabu (18/5).

Dikatakan Haru, fasilitas pinjaman dari JICA berjangka waktu 5 tahun. Dalam kerjasama ini, JICA mempersyaratkan adanya bank komersial yang turut memberikan fasilitas pinjaman kepada Bank BTN, sehingga digandenglah BCA dan Citi Indonesia.

Adapun dari total kredit yang disalurkan sebesar 100 juta dolar AS, kontribusi JICA mencapai 7 miliar yen atau setara 60 juta dolar AS. Sedangkan Citi Indonesia dan BCA memberikan fasilitas pembiayaan kepada Bank BTN sebesar Rp 560 miliar.

Haru menjelaskan, fasilitas pinjaman dari JICA, Citi maupun BCA akan digunakan bank BTN untuk memberikan pembiayaan KPR kepada segmen menengah-bawah, khususnya untuk yang berpenghasilan di bawah Rp 12 Juta yang saat ini cukup mendominasi realisasi KPR BTN non subsidi. Di mana, pada tahun 2021 sebesar 72,55 persen merupakan penyaluran KPR pada segmen ini.

Untuk memenuhi komitmen perjanjian tersebut, Haru membidik generasi milenial dan generasi Z yang mendominasi demografi masyarakat Indonesia.

“Kami intensif menggandeng para pengembang yang membangun hunian yang sesuai dengan selera milenial, selain itu kami juga meracik beragam program KPR yang memudahkan akses para generasi Milenial maupun generasi Z seperti aplikasi BTN properti dan program KPR BTN Gaes For Milenial,” jelasnya.

Dengan tambahan fasilitas pinjaman dari JICA, BTN dapat menambah penyaluran KPR non subsidi untuk 460 unit rumah per tahun dari tahun 2022 sampai 2027 sesuai akhir tenor pinjaman JICA ke Bank BTN.

Tahun 2022 ini, Haru menjelaskan target penyaluran KPR non subsidi sebesar 43.931 unit atau tumbuh 59,08 persen persen sudah menghitung pinjaman bilateral di atas kata Haru.

Adapun pengesahan kerjasama pinjaman bilateral tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama BTN, Haru Koesmahargyo dan Director General, Private Sector Partnership and Finance Department of JICA  Japan, Shohei Hara; Senior Representative of JICA Indonesia, Nozomu Ono; Country Head of Treasury & Trade Solutions Citi Indonesia, Yoanna Darwin, dan Direktur Corporate Banking BCA, Rudy Susanto dengan disaksikan juga oleh pihak Kedutaan Jepang di Indonesia, Masami Tamura. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA