Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ekspansi Jaringan Luar Negeri, MES Lantik Kepengurusan Wilayah Khusus UEA

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 13 Mei 2022, 23:05 WIB
Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) kembali melakukan ekspansi untuk jaringan di luar negeri. Kali ini MES telah melantik Pengurus Wilayah Khusus untuk Uni Emirat Arab (UEA).

Pelantikan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) MES Iggi H. Achsien, yang mewakili Ketua Umum PP MES Erick Thohir, di Dubai International Financial Center, UEA pada Jumat (13/5). Wakil Ketua Dewan Pakar PP MES Agus Joko Pramono turut hadir dan menyampaikan sambutan.

Dalam sambutannya, Iggi mengatakan kehadiran MES UEA semakin membuka kesempatan untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat global.

Anggota Tim Ahli Wakil Presiden RI ini mengatakan, kehadiran MES UEA juga diharapkan menjadi akses untuk kerjasama investasi dan mempromosikan produk halal nasional di negara-negara Timur Tengah.

“Langkah ini selaras dengan salah satu program utama arahan ketua umum, yaitu bagaimana MES dapat berperan aktif dalam mendorong penguatan industri halal dan keuangan syariah dalam negeri ke kancah global," tambah Iggi.

Saat ini, Bank Syariah Indonesia (BSI) sendiri telah membuka kantor cabang di Dubai International Financial Center (DIFC).

MES UEA nantinya akan memiliki peranan penting dalam memperkuat hubungan strategis antara Indonesia dan UEA, khususnya dalam percepatan penetrasi pasar produk halal di negara-negara kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.

UEA telah menyatakan kesiapannya menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah global, serta menjadi salah satu tujuan pasar ekspor non-tradisional Indonesia.

“Tentunya, kehadiran MES UAE ini juga diharapkan dapat memudahkan akses bagi seluruh pemangku kepentingan terutama para pengusaha dan pelaku UMKM untuk mencari layanan dan informasi penting untuk mengembangkan bisnis hingga ekspor dan impor ke Timur Tengah,” tandasnya.

Dalam hal pembentukan Pengurus Wilayah Khusus MES, Iggi mengapresiasi antusiasme diaspora Indonesia di UEA. Dikatakan, terdapat sekitar 30 orang dari berbagai wilayah UEA yang menyatakan kesiapannya menjadi pengurus.

Selain di UEA, MES juga akan melantik Pengurus Wilayah Khusus di Oman dan Yaman. Pada saat yang sama, MES akan menyerahkan bantuan alat kesehatan kepada Oman.

ARTIKEL LAINNYA