Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LSPR Innovation Summit: Inovasi dan HAKI dalam Keilmuan Komunikasi dan Bisnis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 09 April 2022, 21:55 WIB
LSPR Innovation Summit: Inovasi dan HAKI dalam Keilmuan Komunikasi dan Bisnis
Seminar dan workshop inovasi nasional yang digelar LSPR/Repro
rmol news logo Negara dan bangsa Indonesia memiliki kekayaan potensi yang luar biasa, baik dari sumber daya alam, budaya, dan sumber daya manusianya.

Namun banyak potensi yang diakui oleh Negara lain karena lemahnya dokumentasi oleh warga Negara Indonesia sendiri. Pendokumentasian karya ini menjadi penting, termasuk di kalangan akademisi baik oleh dosen maupun mahasiswa, sebagai bagian untuk terus meningkatkan kesadaran atas Hak Kekayaan Intelektual juga untuk nantinya bisa menjadi bagian dari inovasi dari berbagai karya yang dihasilkan.

Oleh karena itu, dengan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR melalui Sentra Kekayaan Intelektual dan LSPR Centre Innovation & Business (Pusat Inovasi dan Bisnis LSPR) mengadakan LSPR Innovation Summit 2022 dengan tema Inovasi dan Hak Kekayaan Intelektual dalam Keilmuan Komunikasi dan Bisnis.
 
LSPR Innovation Summit 2022 terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu Seminar dan Workshop Inovasi Nasional 2022 yang diadakan pada tanggal 8 April 2022 dengan tema Inovasi dan Hak Kekayaan Intelektual dalam Keilmuan Komunikasi dan Bisnis.

Hadir sebagai pembicara, Irma Mariana, Kepala Bagian TU dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan Xenia Angelica Wijayanto, Ketua Sentra Hak Kekayaan Intelektual LSPR.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan partisipasi akademisi (dosen dan mahasiswa) untuk terus berkarya dan berinovasi serta mencatatkan Hak Kekayaan Intelektual mereka termasuk merek dan paten pada Kementerian Hukum dan HAM.

Kegiatan hari ini merupakan awal dari kerjasama Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR dengan pihak Kementerian Hukum dan HAM. Proses penyusunan MoU dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) sedang dimatangkan kedua belah pihak.

Acara ini merupakan kegiatan yang sejalan dengan program kerja Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, sehingga diharapkan bisa dilakukan rutin setiap tahunnya, ujar Dr. Lestari Nurhajati, MSi. (Wakil Rektor  IV, Bidang Inovasi dan Bisnis LSPR)

“Di masa industri digital yang semakin pesat berkembang, pemahaman yang benar tentang Kekayaan Intelektual sangat diperlukan oleh akademisi baik Dosen maupun Mahasiswa.” Ujar Xenia Angelica Wijayanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/4).

“Hal itu bertujuan agar dunia pendidikan tinggi dapat mendukung penuh penghargaan atas hak moral dan hak ekonomi karya orang lain maupun karya para akademisi sendiri,” tambahnya.
 
LSPR Innovation Summit 2022 juga mengadakan lomba poster Hari Hak Konsumen Indonesia yang jatuh pada tanggal 15 Maret 2022. Lomba ini terbuka untuk Mahasiswa LSPR. Pemenang akan mendapatkan uang tunai dan seritifkat serta karyanya juga akan didaftarkan ke Hak Kekayaan Intelektual.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA