Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketika Gula Jawa asal Batang Mampu Terbang hingga ke Dubai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 23 Januari 2022, 04:59 WIB
Ketika Gula Jawa asal Batang Mampu Terbang hingga ke Dubai
Produk Gula Jawa asal Batang kini sudah mulai mendunia/RMOLJateng
rmol news logo Jangan sepelekan produk Gula Jawa. Sebab, produk Gula Jawa asal Batang, Jawa Tengah, ini mampu menembus pasar internasional.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ya Gula Jawa produksi Budi Prihananto (38) asal Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini bisa menembus mancanegara. Dijual hingga ke Dubai.

"Iya, kami sudah memasarkan produk kami hingga ke luar daerah hingga mancanegara. Kami kirim produk ke Kendal, Tegal, Jakarta, Sumatera, Pekanbaru, Kepulauan Riau, dan Dubai," kata Budi, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Sabtu (22/1).

Ia menyebutkan pihaknya mengirim 2 ton Gula Jawa ke tiap daerah tersebut. Menurut Budi, usahanya itu berkembang cukup pesat meski baru berjalan empat tahun.

Budi memaparkan, produk Gula Jawanya berbeda dari produk biasanya. Ia menggunakan pengolahan hingga dua kali hingga hasilnya lebih empuk.

Untuk bahan baku, Ia membeli Gula Jawa langsung dari petani. Lalu, ia masak kembali dan dibentuk mulai dari gepeng, koin, baterai, dan sebagainya.

"Untuk kendalanya saat ini adalah ketersediaan bahan baku. Saya harus mendatangkan dari Purbalingaa," jelasnya.

Tak hanya itu, Budi juga sudah melengkapi produknya dengan sertifikasi halal dan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Sebenarnya, ia juga melakukan pengajuan sertifikat (Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan) BPOM dan Hazzard Analysis Critical Point (HACP), tapi terkendali biaya. Tempat produksi pun harus memenuhi standar Food Grade.

Melalui produk yang sudah merambah dunia internasional, Budi bisa menghasilkan omzet kotor hingga Rp 18 juta per hari dan mampu mempekerjakan 10 orang warga desanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA