Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Luhut Pandjaitan dan Hagiuda Kochi Bicarakan Prospek dan Skema Kerjasama

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 11 Januari 2022, 21:44 WIB
Luhut Pandjaitan dan Hagiuda Kochi Bicarakan Prospek dan Skema Kerjasama
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan didampingi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri dari Jepang Hagiuda Kochi di Kantor Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Selasa (11/1).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kochi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Menko Luhut yang telah menerimanya dengan sambutan hangat dan mempresentasikan sejumlah kekayaan alam Indonesia untuk dijadikan investasi ke depan.

Selain itu, Kochi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang membuat keputusan soal kapal pengangkut batubara telah diumumkan kemarin, Senin (10/1).

“Saya berterima kasih sudah dijelaskan secara detil tentang rencana pemerintah Indonesia soal  release batubara,”kata Kochi dalam sambutannya.

Usai menyampaikan apresiasinya, Menteri Koichi menyambut baik usulan Menko Luhut  soal investasi green energy dan invetasi hulu mineral, dan berharap agar ada dialog yang bersifat regular bagi kedua negara. 

“Ada beberapa skema diskusi antara pemerintah dan swasta. Nanti kami juga akan diskusikan lebih lanjut lagi. Apapun (skemanya) kami terbuka,” imbuhnya.

Kemudian, menteri perdagangan Jepang itu menjelaskan mengenai perkembangan investasi perusahaan Jepang untuk industri amonia di Teluk Bintuni, Papua Barat.

"Saat ini proyek tersebut sudah sampai pada tahap FS (Studi Kelayakan),”ucapnya.

Selain soal industri Amonia, Menteri Koichi juga sempat mengungkapkan keinginan negaranya untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam pengembangan baterai untuk pembangkit tenaga surya. Dan, terakhir, dia berharap kedua negara dapat bekerja sama lebih erat pada masa mendatang.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA