Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Superlative Gallery Resmi Dibuka, Galeri NFT Pertama di Asia Tenggara

LAPORAN: FADZRI TRY UTAMA
  • Selasa, 11 Januari 2022, 20:14 WIB
Superlative Gallery Resmi Dibuka, Galeri NFT Pertama di Asia Tenggara
Tim Superlative Secret Society./Dok
Superlative Gallery, sebuah galeri Non-Fungible Token (NFT) atau aset seni digital kini resmi dibuka di Legian, Kuta, Bali. Keberadaannya, menjadi galeri NFT pertama di Asia Tenggara.

Grand Opening Superlative Galeri digelar Selasa malam (11/1). Acara ini mengusung tema “Embrace Conventional Art to Digital Era”.

“Pembukaan galeri ini menjadi ajang berbagi informasi seputar dunia aset seni digital, sekaligus sebagai wadah terbuka bagi setiap seniman untuk memperkenalkan hasil karya seni mereka ke dunia,” ujar salah satu founder Superlative Secret Society, Prasetyo Budiman.

Meski NFT sudah sangat populer secara global, namun tak bisa di pungkiri seniman-seniman lokal Indonesia dan pekerja industri kreatif masih belum sepenuhnya mengenal seni digital ini. Superlative Secret Society (SSS) sebagai komunitas kolektor aset digital NFT yang resmi masuk dalam platform marketplace OpenSea sejak 22 September 2021, berupaya mengedukasi sekaligus mengenalkan NFT kepada khalayak luas.

Superlative Secret Society yang selama ini lebih bnayak terjun ke bursa NFT dan lebih dikenal di mancanegara. Komunitas ini bisa dibilang telah berhasil menekuni penjualan NFT, sebab mereka berhasil menjual avatar karya seni koleksi pertamanya sejumlah 11.110 buah hanya dalam kurun waktu 2 menit.

Keberhasilan itu membuat harga per gambar NFT yang dijual Superlative Secret Society di sejumlah platform blockchain menembus angka 0,24 ETH atau sekitar hampir USD 1000 per gambarnya.

Dibukanya Superlative Gallery, menjadi moment untuk memperkenalkan diri secara langsung kepada seniman di Indonesia.

“Harapannya,  agar karya seni putra-putri Indonesia, memiliki kesempatan yang sama untuk membuka peluang yang lebih luas, tidak hanya di dalam negeri tetapi sampai ke luar negeri,” tandas Prasetyo.  

ARTIKEL LAINNYA