Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bersinergi Dukung UMKM Berorientasi Ekspor, bank bjb Teken Nota Kesepahaman dengan IA-ITB dan ID-SEED

LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 30 Desember 2021, 20:47 WIB
PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk terus menunjukkan komitmennya dengan bersinergi dengan berbagai pihak dalam upaya mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), terutama yang berorientasi ekspor

Pada Rabu (29/12) kemarin, bank bjb menandatangani dua nota kesepahaman kerja sama di bidang pelayanan jasa perbankan di Menara bank bjb, Bandung. Pertama, dengan Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) tentang Pemberdayaan Anggota IA-ITB dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari dengan Ketua Umum Ikatan Alumni ITB Gembong Primadjaja

Setelah itu, bank bjb juga menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan Perkumpulan Indonesia Diaspora SME Export Empowerment Development (ID-SEED) tentang pemberdayaan, pembinaan, dan Pendampingan UMKM Orientasi Ekspor oleh Indonesia Diaspora SEED bagi mitra binaan bank bjb.

Penandatangan kerja sama ini dilakukan oleh Pemimpin Divisi UMKM bank bjb Deny Mulyadi dengan VP Indonesia Diaspora Network Indira Damayanti.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto, mengatakan nota kesepahaman ini disepakati sebagai bentuk sinergi bank bjb dengan semua pihak yang terlibat untuk mendukung perkembangan UMKM berorientasi ekspor.

"Kerja sama ini juga menjadi langkah strategis  bank bjb dalam mendorong debitur UMKM yang memiliki potensi dan keunggulan produk untuk memperluas pemasaran ke mancanegara," ujar dia.

Dengan kerja sama ini, debitur UMKM bank bjb akan mendapatkan layanan pemberdayaan, pembinaan dan pendampingan dalam kesiapan pemasaran global, memperoleh informasi regulasi dan tren produk.

Dalam praktiknya, bank bjb tidak hanya menyediakan layanan permodalan usaha namun juga mendukung program pemberdayaan melalui program khusus yang dinamai bjb PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu).

Di samping itu, tambah Widi, debitur juga berpeluang mengikuti pameran perdagangan di dalam maupun di luar negeri serta kemudahan promosi produk melalui jejaring diaspora. Di lain pihak, ID-SEED juga akan membantu dalam literasi produk dan layanan perbankan yang dimiliki oleh bank bjb.

"bank bjb fokus menggarap sektor UMKM yang berorientasi ekspor untuk mendorong pelaku usaha memiliki nilai tambah dan daya saing di pasar global. Kita ingin pelaku UMKM khususnya di Jawa Barat agar dapat naik kelas sehingga produk-produknya dapat dikenal lebih luas dan mendunia," tandas Widi.

ARTIKEL LAINNYA