Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menko Airlangga Minta Kadin Manfaatkan Presidensi G20 Genjot Investasi

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 03 Desember 2021, 21:33 WIB
Menko Airlangga Minta Kadin Manfaatkan Presidensi G20 Genjot Investasi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara Pembukaan Rapimnas Kadin di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (3/12)/Repro
Peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi menjadi target pemerintah pada gelaran Presidensi G20 Indonesia tahun 2022.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia selaku tuan rumah Business20 (B20) didorong Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto untuk berperan maksimal memanfaatkan momentum tersebut untuk berkontribusi menggenjot investasi.

Menurut Airlangga, Kadin memiliki peran besar dalam perekonomian nasional, sehingga diharapkan dapat terus melanjutkan dan memperkuat perannya, termasuk dalam mensukseskan Presidensi G20 Indonesia bertemakan "Recover together, Recover stronger".

"Kadin Indonesia sebagai organisasi tuan rumah Business20 (B20) diharapkan dapat mendukung kerja sama lintas batas dan mengupayakan langkah inovatif," ujar Airlangga dalam acara Pembukaan Rapimnas Kadin di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (3/12).

Ketua Umum Partai Golkar ini mengungkapkan, saat ini berbagai indikator utama ekonomi nasional telah menunjukkan tren positif. Misalnya, Indeks Keyakinan Konsumen pada Oktober tercatat sebesar 113,4 menunjukkan pulihnya kepercayaan dari sisi demand dan PMI Manufaktur yang berada pada zona ekspansif menunjukkan perbaikan di sisi supply.

Selain itu, investasi hingga kuartal-III tahun 2021 juga meningkat. Dimana realisasinya telah mencapai Rp 659 triliun atau meningkat 7,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Sementara itu, adanya investasi di Indonesia saat ini juga mampu menciptakan lebih dari 900 ribu lapangan kerja. Untuk itu, besaran investasi yang telah dicapai tahun ini akan ditingkatkan lagi targetnya menjadi Rp 1.200 triliun.

"Kita berharap kegiatan ini bisa mendorong transformasi ekonomi, dan KADIN Indonesia jadi pelopor agar target peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi bisa tercapai," pungkas Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua KPCPEN.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA