Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Salurkan Kredit UMKM Channeling, bank bjn Gandeng PT Amarta Mikrofintek

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Rabu, 17 November 2021, 20:15 WIB
Salurkan Kredit UMKM Channeling, bank bjn Gandeng PT Amarta Mikrofintek
Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara bank bjb dengan PT Amarta Mikrofintek pada Rabu (17/11).Dok
rmol news logo Bank bjb menjalin kerja sama dengan PT Amarta Mikrofintek dalam penyaluran kredit UMKM Channeling.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada Rabu (17/11). Hadir dalam penandatangan PKS itu, Direktur Utama bank bjb Yuddy Reynaldi, Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari, Pemimpin Divisi Kredit UMKM Denny Mulyadi, dan Executive Business Officer Yogi Yogiswara serta Direktur Utama PT Amarta Mikrofintek Andi Taufan Garuda Putra.

Amartha merupakan salah satu perusahaan dengan platform P2P yang berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif, pemerataan ekonomi dan membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat khususnya para pelaku UMKM skala ultra mikro.

Dengan kerjasama ini, kedua pihak bekerja sama dalam pembiayaan Kredit UMKM Channeling dilakukan melalui produk internal Amartha. Pendanaan oleh bank  bjb dilakukan secara bertahap dimana dalam tahap awal ini rencana penyaluran sebesar Rp50 miliar.


Dirut bank bjb Yuddy Reynaldi mengatakan, kolaborasi dan sinergi saling menguntungkan antara bank bjb dan Amartha sebagai upaya mendorong laju pertumbuhan bisnis UMKM dan mempercepat penetrasi pasar guna meningkatkan market share UMKM  

"bank bjb memastikan agar fasilitas pembiayaan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pemulihan ekonomi. Merujuk status UMKM sebagai tulang punggung ekonomi, adalah langkah tepat untuk mengalirkan fokus bantuan kepada sektor ini," jelasnya.

Lebih jauh disampaikan, kerja sama  sebagai upaya pengembangan bisnis UMKM secara unorganik melalui pola channeling untuk melengkapi proses bisnis organik yang telah berjalan selama ini. Diharapkan, langkah ini dapat mendorong laju pertumbuhan bisnis UMKM dan mempercepat penetrasi pasar guna meningkatkan market share kredit UMKM.

Disamping itu, platform online seperti P2P akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif, pemerataan ekonomi dan membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pertumbuhan fintech lending yang pesat seiring dengan meningkatnya penggunaan internet di masyarakat adalah sebuah peluang yang dapat dioptimalkan melalui sinergi dan kolaborasi yang saling menguntungkan dibanding memposisikan fintech lending sebagai kompetitor.

Secara terpisah, Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto menjelaskan UMKM memegang peran sentral sebagai motor penggerak perekonomian daerah dan negara. Kerja sama yang terjalin antara bank bjb dengan PT Amarta Mikrofintek merupakan sinergi penting guna mendukung percepatan PEN.

"Peran UMKM dalam menggerakkan roda perekonomian daerah sangat signifikan. bank bjb sebagai mitra pemerintah serta dunia usaha mendukung penuh setiap langkah UMKM dalam melebarkan sayap usahanya, salah satunya dengan mempermudah akses keuangan dan fasilitas perbankan bagi setiap pelaku usaha," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA