Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Dikeluhkan Jokowi, OJK Perkuat Kerja Sama Berantas Pinjol Ilegal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 15 Oktober 2021, 20:55 WIB
Sempat Dikeluhkan Jokowi, OJK Perkuat Kerja Sama Berantas Pinjol Ilegal
Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso/Net
rmol news logo Maraknya penipuan dan tindak pidana keuangan digital yang membuat masyarakat merugi sempat dikeluhkan Presiden Joko Widodo. Sebab, rakyat kalangan bawah terjerat bunga pinjaman yang tinggi oleh pinjaman online (pinjol).

Menindaklanjuti apa yang disampaikan Presiden tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen untuk memberantas pinjol ilegal yang tidak mengikuti batasan aturan bunga pinjaman yang sudah ditetapkan.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menuturkan, upaya mewujudkan komitmennya tersebut tengah ia godok dengan memperkuat kerja sama dengan kementerian/lembaga terkait.

"Banyak sekali laporan masyarakat (terkait pinjol ilegal). Ini tantangan kita bersama dan harus ditutup," ujar Wimboh dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (15/10).

Wimboh memastikan pihaknya akan lebih masif lagi melakukan penanganan dan pemberantasan pelayanan jasa keuangan digital ilegal, yang dalam laporan membuat masyarakat melarat.

Untuk itu, upaya kerja sama saat ini tengah dibangun OJK dengan Polri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dengan meneken nota kesepahaman.

Lebih lanjut, Wimboh memastikan tindakan hukum yang akan diambil untuk menindak pinjol ilegal yakni hingga pada penutupan usaha.

"Harus ditutup platform-nya, dan diproses ecara hukum mau bentuk payment, koperasi, dan perr to peer," tandas Wimboh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA