Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tol Cibitung-Cilincing Resmi Dijual, Sebelumnya Tiga Ruas Tol Juga Bernasib Sama

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 08 Oktober 2021, 09:15 WIB
Tol Cibitung-Cilincing Resmi Dijual, Sebelumnya Tiga Ruas Tol Juga Bernasib Sama
Gerbang Tol Cibitung-Cilincing/Ist
Jalan Tol Cibitung-Cilincing telah dijual PT Waskita Karya Tbk. Melalui anak usahanya, PT Waskita Toll Road (WTR) melepas seluruh kepemilikan Tol Cibitung senilai Rp 2,44 triliun.

Corporate Secretary Waskita Karya, Ratna Ningrum mengatakan, penjualan tersebut dilakukan kepada PT Akses Pelabuhan Indonesia (PT API) yang sebelumnya memiliki saham 45 persen.

"Dengan transaksi divestasi ini, PT API menjadi pemegang saham CTPPT (PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways) secara menyeluruh," kata Ratna dalam keterangan tertulisnya yang dikutip redaksi, Jumat (8/10).

Divestasi Tol Cibitung-Cilincing merupakan bagian dari 8 stream penyehatan keuangan Waskita. Transaksi ini diperkirakan akan mengurangi beban utang melalui dekonsolidasian hingga Rp 5,82 triliun.

“Transaksi ini adalah momentum dan sinyal baik bagi WTR dalam menjalankan proses bisnisnya sebagai perusahaan developer jalan tol di Indonesia. Transaksi ini juga mendukung proses restrukturisasi yang dilakukan perseroan secara keseluruhan," lanjutnya.

Program 8 stream penyehatan keuangan Waskita terdiri dari proses restrukturisasi perseroan induk dan anak usaha, penjaminan pemerintah, Penyertaan Modal Negara (PMN) dan rights issue, divestasi jalan tol, penyelesaian konstruksi jalan tol, transformasi bisnis, serta implementasi Good Corporate Governance (GCG) serta manajemen risiko.

Penjualan Tol Cibitung-Cilincing merupakan salah satu dari divestasi Waskita Karya sepanjang tahun 2021. Sebelumnya, Waskita Karya juga melakukan hal serupa kepada Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Tol Semarang-Batang, dan Tol Cinere-Serpong.

"Ke depannya, perseroan juga akan melanjutkan proses divestasi untuk ruas-ruas tol Perseroan yang lainnya," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA