Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Manfaatkan Transformasi Digital, Jasa Raharja Bukukan Kinerja Positif Pada Semester I-2021

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 21 September 2021, 21:31 WIB
Manfaatkan Transformasi Digital, Jasa Raharja Bukukan Kinerja Positif Pada Semester I-2021
Logo Jasa Raharja/Net
Sebagai badan usaha penyelenggara program perlindungan dasar kecelakaan
penumpang dan lalu lintas jalan, PT Jasa Raharja berhasil mencetak kinerja positif pada semester I-2021. Karena, penyaluran satunan bagi korban meninggal dunia mengalami percepatan selama pandemi ini.

Dalam keterangan tertulisnya, Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A Purwanto mencatat kecepatan penyerahan satunan meninggal dunia rata-rata 1 hari lewat 10 jam, atau lebih cepat 1 hari lewat 14 jam dari target 3 hari.

Sedangkan, untuk korban luka-luka yang dirawat di Rumah Sakit sebanyak  89,46 persen sudah menerima hak santunannya dan dibayarkan langsung kepada rumah sakit atau melalui metode penjaminan santunan.

"Hal ini meningkat 1,47 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan naik 1,96 persen
dibandingkan dengan target 2021 87,5 persen," ucap Rivan dikutip Selasa malam (21/9).

Rivan mengatakan, kecepatan pelayanan Jasa Raharja tersebut diikuti oleh peningkatan penyerahan santunan. Di mana,  sampai dengan semester I tahun 2021 pihaknya telah menyerahkan santunan sebesar Rp 1,16 Triliun, atau naik 3,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp 1,12 Triliun.

Rivan memaparkan, capaian kinerja pelayanan Jasa Raharja dapat diraih melalui strategi transformasi proses bisnis yang dijalankan. Sinergi sistem pelayanan diantaranya data kecelakaan dengan Korlantas Polri melalui IRSMS, data kependudukan dengan Ditjen Dukcapil, data Pasien dan penjaminan dengan RS, data kepesertaan dengan SJSN dan cash management system dengan perbankan.

"Tekrini Jasa Raharja menerapkan sisitem aplikasi SiVera, yaitu System Verifikasi Rawatan Digital. System yang merupakan sinergi dengan pihak ketiga dalam pengendalian baiaya rawatan korban," beber Rivan.

Dengan begitu Rivan memastikan verifikasi data korban yang menerima santunan dapat dilakukan secara online, dan dapat Jasa Raharja dapat memonitor biaya rawatan pasien day to day sampai selesai menjalani perawatan di rumah sakit.

Lebih lanjut, Rivan menyebutkan program selain pelayanan penanganan pasca terjadinya kecelakaan. Katanya, Jasa Raharja juga memiliki tanggung jawab untuk turut serta bersama pemerintah, dalam rangka program pencegahan kecelakaan.

"Pada Lebaran Tahun 2021 ini Jasa Raharja meluncurkan
program MOL-AE (Mudik OnLinea Aman Enak). Di mana  program ini memberikan fasilitas kuota internet gratis," ucapnya.

Sebagai wujud kepedulian, Rivan menyebutkan sejumlah program Jasa Raharja kepada masyarakat. Di mana, juga diselenggarakan
program tanggung jawab sosial yang di antaranya adalah dalam bentuk:

1. Bantuan sosial kepada korban bencana alam

2. Program Pemberdayaan Ekonomi

3. Penyaluran Dana UMK bekerjasama dengan Bahan Artha Ventura (BAV)

4. Program go green mulai dari penanaman mangrove sampai dengan penanaman pohon dan restorasi terumbu karang

5. Program TrafficHero yaitu penghargaan kepada seseorang/komunitas yang membantu program pencegahan kecelakaan

6. Youth Innovation Contest ajang perlombaan inovasi untuk mencari solusi untuk mengurangi angka kecalakaan lalu lintas.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA