Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Wamen BUMN Optimis Industri Pariwisata Bangkit Akhir Tahun

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 21 September 2021, 13:56 WIB
Wamen BUMN Optimis Industri Pariwisata Bangkit Akhir Tahun
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo/Net
Perubahan pola bisnis baru di era pandemi bermunculan seiring meningkatnya permintaan pasar melalui platform digital. Diharapkan sektor pariwisata juga bisa mengikuti perubahan tersebut, sehingga mampu berkembang dengan baik selama pandemi.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, perubahan pola bisnis dari luring menjadi daring ini diharapkan akan mulai tumbuh di Indonesia. Termasuk salah satunya sektor pariwisata yang terkena sentimen negatif dari pandemi Covid-19 selama lebih dari setahun.

“Saya berharap menjaga akhir tahun ini pariwisata akan mulai bergerak, walaupun kita harus hati-hati sudah ada istilahnya revenge travel karena sudah kelamaan di rumah," ucap Tiko  dalam webinar Datacoreid bertema 'Strategi Penyelamatan Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19', Selasa (21/9).

Pihaknya berharap pariwisata menjadi salah satu katalis untuk membangkitkan ekonomi usai Covid-19. Namun demikian, penting juga diikuti bisnis-bisnis lain yang menyesuaikan dan memastikan bahwa sektor ekonomi bidang pariwisata berjalan dengan baik.

“Seperti penyewaan mobil dan pengantaran makanan ke hotel dan sebagainya. Jadi saya rasa bisnis-bisnis model baru akan muncul, baik di perkotaan maupun di tourism dan di accelery bisnis yang mendukung pemulihan ekonomi,” katanya.

Menurutnya, rasa optimisme perlu dibangkitkan kembali agar dapat memulihkan ekonomi nasional yang porak-poranda akibat hantaman pandemi Covid-19 ini.

"Kami sudah mendorong BUMN kembali pada mood recovery melalui prokes, vaksinasi, dan Pedulilindungi. Harapannya, menjelang akhir tahun aktivitas fisik sudah dioperasionalkan, termasuk airlines, hotel, pariwisata bisa pulih lagi," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA