Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Upaya Pemerintah dan Perkreditan Wujudkan UMKM Naik Kelas

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 18 September 2021, 10:06 WIB
Upaya Pemerintah dan Perkreditan Wujudkan UMKM Naik Kelas
Sosialisasi peran Indonesia Financial Group (IFG) dan anak perusahaan dalam menyediakan asuransi dan penjamin masyarakat di Bogor, Jawa Barat/Ist
Komitmen pemerintah untuk menaikkan kelas pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendapat dukungan dari sektor perkreditan.

Seperti yang disampaikan Pimpinan Wilayah III Jakarta PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), Agus Supriadi yang memastikan akan hadir dalam program-program pemerintah mewujudkan UMKM naik kelas.

"Dalam penjaminan kredit sendiri mempunyai prinsip penjaminan kredit yaitu kelayakan usaha, pelengkap sistem perkreditan, pelengkap agunan, dan lain-lain," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/9).

Untuk menjalankan komitmen tersebut, pihaknya telah hadir di 9 kantor wilayah, 56 kantor cabang, dan 19 kantor unit pelayanan. Ia menjelaskan, penjaminan kredit dimaksudkan membantu UMKM yang kurang memiliki agunan mengakses kredit bank atau sumber pembiayaan.

"Manfaat bagi perbankan sebagai substitusi dan pelengkap agunan kredit, penjaminan kredit menambah keyakinan bank dalam penyaluran kredit kepada perorangan atau UMKM itu sendiri," jelasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Cabang Bogor, Brendy Soekarno. Baginya, asuransi hadir sebagai salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan transfer risiko.

"Askrindo mempunyai beberapa manfaat antara lain memberikan rasa aman dan perlindungan, memberikan kepastian, sarana menanbung, meminimalisir risiko kerugian dan lain-lain," papar Brendy.

Di sisi lain, dukungan sektor perkreditan ini mendapat apresiasi dari anggota Komisi VI DPRI RI, Rieke Diah Pitaloka. Politisi PDI Perjuangan ini memaparkan, asuransi dirancang dan dikembangkan secara khusus untuk kebutuhan-kebutuhan spesifik  UMKM atau yang disebut dengan Small Medium Enterprise (SME).

"Perusahaan-perusahaan asuransi selalu berkolaborasi bertujuan untuk para pelaku UMKM di berbagai sektor agar dirasakan langsung oleh masyarakat," demikian Rieke Diah Pitaloka.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA