Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bandara Soekarno-Hatta Raih Safe Travel Score Tertinggi se-Asia Tenggara!

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 31 Agustus 2021, 08:18 WIB
Bandara Soekarno-Hatta Raih Safe Travel Score Tertinggi se-Asia Tenggara!
Petugas penyemprotan disinfektan di Bandara Soekarno-Hatta/Ist
Bandara Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai bandara paling aman di Asia Tenggara bagi penumpang pesawat dalam melakukan perjalanan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu berdasarkan penilaian lembaga global Safe Travel Barometer pada Mei 2021 yang memberikan skor safe travel mencapai 4.3 dari skala 5.0 kepada Bandara Soekarno-Hatta.

Skor ini sama dengan yang didapat Bandara Changi di Singapura.

"Hasil yang diraih ini sangat positif, karena sebelumnya pada 2020 skor Bandara Soekarno-Hatta sempat ada di level 4.09 dan di bawah Changi," kata President Director of PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/8).

Skor 4.3 ini juga menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan bandara-bandara lain di kawasan ASEAN.

Sementara itu di kawasan Asia-Pasific, Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi berbagi di posisi kedua, di mana urutan pertama ada Beijing International Capital Airport (China) dengan skor 4.4.

"Di tingkat global, Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-14," lanjutnya.

Ia melanjutkan, penilaian ini dilakukan berdasarkan audit independen terhadap 34 inisiatif mencakup protokol kesehatan Covid-19, kenyamanan traveler dan keunggulan layanan, baik itu di sisi udara (airside) maupun sisi darat (landside).

Raihan Bandara Soekarno-Hatta ini dinilainya berkat berbagai inovasi dan kolaborasi di antara seluruh stakeholder.

“Sebagai pengelola bandara, AP II berterima kasih atas kerja keras seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta dan dukungan kuat dari pemerintah,” ujar Muhammad Awaluddin.

Inovasi Bandara Soekarno-Hatta dalam memperkuat protokol kesehatan di tengah pandemi ini adalah melalui Biosecurity Management, yaitujaga jarak, pemeriksaan kesehatan, layanan/fasilitas tanpa sentuh (passenger touchless processing), facility cleanliness

Kemudian people protection, di mana setiap orang di bandara diwajibkan menggunakan masker, sementara bagi personel bandara menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai dengan tugas masing-masing.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA