Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga Dorong Akselerasi Digital dan UMKM Pangan ntuk Mendukung PEN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 25 Agustus 2021, 22:19 WIB
Menko Airlangga Dorong Akselerasi Digital dan UMKM Pangan ntuk Mendukung PEN
Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Presiden Joko Widodo dalam Rakornas Pengendalian Inflasi tahun 2021 di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu pagi, 25 Agustus/Repro
rmol news logo Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang berlangsung di tengah situasi pandemi Covid-19 diakselerasi pemerintah dengan menjaga stabilitas ekonomi masyarakat, termasuk di sektor pangan.

Hal ini menjadi bahan dialog di dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi tahun 2021 yang dibuka Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu pagi (25/8).

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) memandu dialog antara Presiden dengan Kepala Daerah.

Rakornas Pengendalian Inflasi tahun 2021 yang mengangkat tema "Mendorong Peningkatan Peran UMKM Pangan melalui Optimalisasi Digitalisasi untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Pangan", menurut Airlangga, sangat relevan di mana sektor pertanian konsisten tumbuh positif selama masa pandemi Covid-19.

Airlangga menceritakan, Presiden Joko Widodo juga menegaskan dalam sesi dialog yang berlangsung baik dan interaktif di Rakornas tersebut mengenai momentum pandemi Covid-19, yang bisa menjadi kesempatan untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan daerah surplus pangan masuk ke platform digital, untuk memperluas pemasaran produknya baik di daerah, nasional maupun global.

Airlangga juga menyampaikan bahwa sejalan dengan arahan Presiden, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) telah diarahkan untuk turut melakukan monitoring indikator utama perekonomian daerah secara realtime, serta melakukan identifikasi potensi sumber-sumber pertumbuhan ekonomi melalui optimalisasi rantai nilai lokal, sebagai strategi baru dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi di daerah.

"Momentum Rakornas ini dapat menjadi suatu harmoni pengendalian inflasi nasional," ujar Airlangga yang dikutip melalui keterangan tertulis yang diposting laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Airlangga mengaku optimis dengan penguatan sinergi dan koordinasi antara TPIIP dengan TPID dan stakholders terkait, guna menjaga stabilitas perekonomian nasional.

"Kami optimis dengan penguatan sinergi dan koordinasi TPIP-TPID bersama seluruh stakeholders, inflasi yang rendah dan stabil yang telah kita wujudkan dalam beberapa tahun terakhir dapat terus terjaga dalam jangka panjang," tutup Airlangga.

Dalam acara ini juga diumumkan peraih penghargaan TPID Award sebanyak 15 daerah. Penghargaan ini diberikan atas kinerja dan upaya TPID dalam pengendalian inflasi sepanjang tahun 2020.

Daftar Pemenang TPID Award 2021 ditetapkan berdasarkan Kepmenko Perekonomian selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat Nomor 152 Tahun 2021, yakni sebagai berikut:

TPID Berkinerja Terbaik Provinsi

1. Kawasan Sumatera: Provinsi Sumatera Utara
2. Kawasan Jawa-Bali: Provinsi DI Yogyakarta
3. Kawasan Sulawesi: Provinsi Gorontalo
4. Kawasan Kalimantan: Provinsi Kalimantan Barat
5. Kawasan Nusa Tenggara-Maluku-Papua: Provinsi Papua

TPID Berkinerja Terbaik Kabupaten/Kota

1. Kawasan Sumatera: Kota Pekanbaru
2. Kawasan Jawa-Bali: Kabupaten Banyuwangi
3. Kawasan Sulawesi: Kota Gorontalo
4. Kawasan Kalimantan: Kota Samarinda
5. Kawasan Nusa Tenggara-Maluku-Papua: Kota Jayapura

TPID Berprestasi Kabupaten/Kota

1. Kawasan Sumatera: Kabupaten Tanah Datar
2. Kawasan Jawa-Bali: Kabupaten Blitar
3. Kawasan Sulawesi: Kabupaten Bone Bolango
4. Kawasan Kalimantan: Kabupaten Kutai Barat
5. Kawasan Nusa Tenggara-Maluku-Papua: Kabupaten Maluku Tenggara

Dalam Rakornas tersebut, turut hadir secara fisik maupun virtual antara lain Gubernur Bank Indonesia, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia maju, Ketua OJK, dan perwakilan pejabat Eselon I dari Kementerian/Lembaga, serta diikuti Gubernur, Bupati, dan Walikota selaku Ketua TPID Provinsi dan TPID Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA