Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Villa Sumatra, Kedai Kopi Spesialti Indonesia Pertama Diresmikan di Mesir

Senin, 09 Agustus 2021, 07:24 WIB
rmol news logo Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, secara resmi membuka Kedai Kopi Villa Sumatra, yang merupakan Kedai Kopi Spesialti asal Indonesia pertama yang ada di Mesir, pada Minggu (8/8).

Berlokasi di kawasan elit Medical Park Premier (MPP) New Cairo, kedai kopi ini khusus menyajikan aneka kopi specialti pilihan asal Indonesia dari jenis kopi Arabika, berbeda dari kebanyakan biji kopi Robusta yang sudah sangat banyak diimpor oleh pelaku usaha kopi Mesir pada umumnya.

Dubes Lutfi mengatakan, meski pandemi Covid-19 masih berlanjut, ia dan jajarannya akan terus memberikan dukungan dan perhatian penuh bagi para pelaku usaha kopi, khususnya penggiat Kopi Specialti di Mesir.

"Harapan kami dengan telah diresmikannya Kedai Kopi Specialty 'Villa Sumatra' ini, kopi unggulan Indonesia semakin meningkat pasarnya di Mesir, yang juga dapat menjadi hub untuk eksportasi kopi spesialti Indonesia ke negara lainnya“ harap Dubes pada sambutan peresmian Kedai Villa Sumatra, seperti rilis yang diterima redaksi.

Pendiri dan Pemilik Kedai Kopi Villa Sumatra, Haytham Shawkat Husein, menyampaikan apresiasi setinggi tingginya atas dukungan KBRI Cairo dalam upaya importasi kopi specialti dari Indonesia hingga pendirian kedai kopi Villa Sumatra.

Ia berharao pada saat pandemi menurun, pihaknya akan kembali  berkunjung ke Indonesia untuk mencari dan membawa lebih banyak lagi kopi specialti lainnya yang banyak tersebar di wilayah Sumatera, Sulawesi, Jawa, Flores dan Papua. Pihaknya juga tengah membidik pasar produk tanaman herbal Indonesia.

Selain itu, Haytham mengatakan ia membutuhkan tenaga-tenaga barista yang handal dan terampil untuk dapat meracik beragam kopi spesialti Indonesia untuk kedai barunya waktu mendatang. Melalui fasilitasi SCAI, Indonesia sebagai peringkat keempat Barista Terbaik Dunia, diharapkan mampu memberikan pelatihan capacity building dan workshop di bidang kopi specialti, guna melatih para barista lokal di Mesir.

Peresmian Villa Sumatra juga dilakukan secara virtual yang dihadiri oleh Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI),  Daryanto Witarsa, Ketua Dewan Pembina SCAI dan Delima Hasri Azahari. Keduanya secara interaktif juga berkesempatan melihat acara peresmian dan melakukan komunikasi secara daring dengan Haytham.

Daryanto berharap dengan keberadaan Villa Sumatra ini dapat menumbuhkan transaksi dagang yang signifikan dalam mendorong peningkatan permintaan pasar Mesir atas produk kopi specialti asal Indonesia.

Atase Perdagangan, Irman Adi menerangkan, kegiatan peresmian kedai Kopi Specialti pertama ini sebagai terobosan baru dalam rangkaian Program Diplomasi Kopi Indonesia di Mesir, di mana dengan keberadaan Kedai kopi Villa Sumatra ini beragam kopi specialti asli Indonesia dapat dipromosikan dan dipasarkan antara lain seperti kopi Sumatera Gayo, Sinabung Honey, Lintong, Karo, Sinabung Wine, Long Berry, dan Kopi Cascara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA