Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Momentum Perbaikan Ekonomi Mulai Terlihat, Airlangga Pastikan pada Kuartal Ketiga Pemerintah Fokus Tangani Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 05 Agustus 2021, 22:49 WIB
Momentum Perbaikan Ekonomi Mulai Terlihat, Airlangga Pastikan pada Kuartal Ketiga Pemerintah Fokus Tangani Pandemi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto/Repro
rmol news logo Momentum perbaikan ekonomi Indonesia mulai terlihat pada kuartal II tahun ini, yang berhasil mencatat pertumbuhan hingga 7,07 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (yoy).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menuturkan, pemerintah akan tetap menjaga pertumbuhan ekonomi bisa positif pada kuartal III tahun ini.

Untuk itu, selama memasuki periode kuartal III pemerintah akan fokus menangani pandemi Covid-19. Sebab menurutnya, suasana pandemi yang terkendali menjadi satu faktor yang bisa mendongkrak perekonomian tetap tumbuh positif.

"Tentu kita lihat di kuartal ketiga dengan adanya varian delta (Covid-19), di mana jumlah kasus aktifnya meningkat, tentu yang dilakukan pemerintah adalah menurunkan daripada mobilitas," ujar Airlangga dalam jumpa pers virtual tentang Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2021, Kamis sore (5/8).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini juga mengukui perbedaan kondisi yang terjadi pada kuartal II, sehingga membuat ekonomi Indonesia bisa tumbuh cukup tinggi.

"Di kuartal kedua pertumbuhan ekonomi tinggi karena mobilitasnya sedikit lebih bergerak, dan kasus aktifnya relatif lebih rendah di bawah 200 ribu, sehingga pemulihan itu terjadi," paparnya.

Sementara pada kuartal III nanti, Airlangga melihat bangsa Indonesia akan dihadapkan dengan kondisi yang berbeda. Mengingat, lonjakan kasus Covid-19 terjadi pada bulan Juli lalu.

Hal itu, lanjut Ketua Umum Partai Golkar ini, menjadi pertimbangan pemerintah untuk menetapkan pelonggaran mobilitas dan aktivitas masyarakat.

"Dengan kenaikan mobilitas atau dengan kenaikan kegiatan ekonomi itu bisa dilakukan saat kasus kesehatannya di tekan rendah," tegas Airlangga.

Oleh karena itu, Airlangga belum mau membuka proyeksi pertumbuhan ekonomi pemerintah untuk kuartal III-2021. Meski begitu, upaya-upaya menjaga indikator-indikator ekonomi agar tumbuh positif akan dilakukannya.

"Berapa pertumbuhannya (di kuartal III)? Tentu kita lihat seberapa cepat kasus varian delta ini bisa ditekan. Kita lihat dari segi pertambahan kasus, BOR-nya sudah turun, dan kasus aktif masih berfluktuasi atau dinamis," tuturnya.

"Oleh karena itu yang kita lihat apa yang harus kita capai di target kuartal empat. Kita masih melihat apa yang terjadi di kuartal tiga dan terus melakukan penanganan terhadap Covid," demikain Airlangga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA