Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Airlangga Hartarto: Ekonomi Kuartal II yang Naik 7,07 Persen adalah Tabungan Pertumbuhan Positif untuk Akhir Tahun Ini

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 05 Agustus 2021, 18:02 WIB
Airlangga Hartarto: Ekonomi Kuartal II yang Naik 7,07 Persen adalah Tabungan Pertumbuhan Positif untuk Akhir Tahun Ini
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Repro
Pertumbuhan ekonomi yang melonjak di kuartal II 2021, yakni mencapai 7,07 persen secara tahunan (yoy), akan menjadi modal membalikan keadaan perekonomian RI yang sempat terdampak Covid-19.

Hal itu diyakini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam jumpa pers virtual tentang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II tahun 2021, Kamis sore (5/8).

"Kita punya tabungan di kuartal kedua 7,07 persen," ujar Airlangga dengan penuh optimisme untuk pertumbuhan ekonomi ke depannya bisa terus tumbuh positif.

Sebabnya, ia melihat sejumlah indikator pertumbuhan ekonomi sudah mulai pulih.

Misalnya, konsumsi masyarakat yang pada kuartal ini sudah tumbuh positif hingga 5,93 persen. Selain itu, Airlangga juga melihat laju pertumbuhan investasi pada kuartal ini bisa tumbuh positif hingga 7,45 persen, ditambah transaksi ekspor Indonesia mencapai 53,97 miliar dolar Amerika Serikat.

"Dengan kembalinya pertumbuhan global, diharapkan ini bisa memicu ekspor. Dan dengan adanya ekspor, peningkatan demand diharap akan mendorong kinerja investasi," imbuh Airlangga.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini menekankan, strategi pemerintah ke depan dalam mempertahankan laju perekonomian yang positif adalah dengan tetap mendorong indikator-indikator tersebut tumbuh positif.

Sehingga Airlangga mengharapkan, pada kuartal IV tahun 2021 nanti pertumbuhan ekonomi bisa mencapai target yang sudah diproyeksikan pemerintah.

"Maka diharapkan angka 3,7 sampai 4,5 persen secara tahunan di akhir tahun (kuartal IV tahun 2021) itu bisa dicapai," tandasnya.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA