Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IKAPPI: 6,7 Juta Pedagang Pasar Turun Omzet Hingga 90 Persen, 5 Juta Sisanya Terpakasa Tutup Selama PPKM Darurat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 20 Juli 2021, 15:35 WIB
IKAPPI: 6,7 Juta Pedagang Pasar Turun Omzet Hingga 90 Persen, 5 Juta Sisanya Terpakasa Tutup Selama PPKM Darurat
Ilustrasi kegiatan berdagang di pasar tradisional/Net
rmol news logo Dampak pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 memberikan dampak yang cukup signifikan kepada pedagang pasar.

Ketua Bidang Kajian Penelitan dan Pengembangan DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Badrussalam, menyebut hampir seluruh pedagang pasar di wilayah PPKM Darurat menerima dampak.

Ia menuturkan, nyaris sebagian pedagang pasar terpaksa tutup karena sepi pengunjung pasar sejak PPKM Darurat dilaksanakan pada tanggal 3 Juli hingga 20 Juli hari ini.

"Dalam catatan  DPP IKAPPI, ada sekitar 5 juta pedagang pasar dari 12 juta atau 43 persen pedagang pasar tradisional di berbagai daerah terpaksa tutup akibat sepinya pasar dan minimnya pembeli akibat pandemi," ujar Badrussalam kepada wartawan, Selasa (20/7).

Sementara sisanya, Badrussalam menyebutkan sekitar 6,7 juta atau 57 persen pedagang pasar masih beroperasi, akan tetapi mengalami penurunan omzet yang cukup besar dibanding masa sebelumnya.

"Para pedagang ini (yang masih berdagang) sudah mengalami penurunan pendapatan sekitar 70 persen hingga 90 persen dari keadaan normal, bahkan ada yang sudah tidak beroperasi sama sekali (tutup)," tuturnya.

Tak cuma berdampak pada sektor perekonomian para pedagang, Badrussalam juga menemukan para pelaku usaha yang terinfeksi Covid-19.

"Terdapat 1.998 kasus pedagang pasar yang dinyatakan positif Covid-19 yang tersebar di 333  pasar, yang sampai saat ini berpotensi bertambah, dan perlu penanganan serius agar tidak memperparah keadaan dalam aktivitas pedagang pasar," ungkapnya.

Maka dari itu, Badrussalam mengajak semua pihak untuk bahu membahu menyelesaikan masalah pandemi Covid-19 yang masih melonjak kasus positifnya selama hampir 4 pekan.

Selain itu, Badrussalam juga berharap kepada pemerintah untuk menimbang-menimbang memperpanjang PPKM Darurat, karena melihat dampak ekonomi yang dialami para pedagang pasar.

"Kami mohon agar PPKM Darurat perlu di evaluasi secara seksama supaya penerapan aturan ini tidak memperparah kondisi pedagang pasar sebagai penggerak ekonomi semakin sulit dan tak berdaya," demikian Badrussalam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA