Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Turut Andil Majukan UMKM, bank bjb Bangun Pola Kemitraan Dengan Berbagai Pihak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Senin, 28 Juni 2021, 23:52 WIB
Turut Andil Majukan UMKM, bank bjb Bangun Pola Kemitraan Dengan Berbagai Pihak
rmol news logo Sebagai bank BUMD nomor satu di Jawa Barat, bank bjb berkomitmen kuat untuk terus memajukan perekonomian masyarakat, terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Caranya, dengan memperluas kolaborasi untuk memudahkan akses kredit UMKM.

Penyaluran kredit melalui pola kemitraan ini, dibangun bank bjb dengan berbagai pihak yang bergerak dalam berbagai sektor usaha di berbagai daerah. Misalnya, kerja sama dengan Mitra Crowde. Dimana, para petani anggota Mitra Crowde dapat mengajukan permodalan untuk pupuk, bibit dan kebutuhan tanam sesuai RAK.
 
Crowde adalah startup fintech di bidang pertanian dengan daerah garapan dan binaan tersebar di seluruh Indonesia. Kerja sama bjb �" Crowde telah diimplementasikan oleh kantor cabang bank bjb Daan Mogot dan Cabang bank bjb Palabuhan Ratu.

Pola kemitraan lainnya dilakukan dengan Geraiku, startup yang memfasilitasi para pelaku usaha toko tradisional dengan menyediakan platform teknologi digital untuk mempertemukan toko, distributor dan produser agar bisa bersaing di tengah kompetisi pasar modern. Mitra Geraiku tersebar di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan beberapa provinsi lainnya dengan mayoritas di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Dalam kerja sama ini, bank bjb menyediakan dana untuk pemilik usaha toko tradisional mitra Geraiku untuk kebutuhan modal usaha,” kata Pemimpin Divisi Corporate bank bjb, Widi Hartoto, Senin (28/6).

Mendukung ketahanan pangan daerah, melalui pola kemitraan, bank bjb bekerja sama dengan PG Rajawali memberikan pembiayaan untuk petani tebu meliputi Majalengka, Cirebon Subang, Tegal, Sumber, dan Patrol.

“Daerah garapan para petani yang bekerja sama dengan PG Rajawali II dapat memanfaatkan fasilitas bjb KUR (Kredit Usaha Rakyat),” ujar Widi.

Lebih jauh ia menerangkan, bank bjb juga membangun pola kemitraan untuk mengakomodasi kebutuhan para peternak domba Garut yang menjadi mitra PT. Agro Investama. Wilayah pemasaran PT. Agro Investama tersebar di daerah Jawa Barat seperti Banjar, Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, Garut dan Sumedang.

“Kami menyediakan permodalan untuk pakan konsenrat, bibit hingga kebutuhan tanam,” terang Widi.

Ia menambahkan, bank bjb  juga bekerja sama dengan PT. Dilar Lintas Raya untuk mendukung akses permodalan para peternak sap di wilayah Priangan timur seperti Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

“Pola kemitraan dengan PT. Dilar Lintas Raya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan peternak dengan memastikan keberlangsungan usaha mereka baik dari sisi budidaya, pasokan pakan ternak, obat-obatan, sehingga menghasilkan produksi yang baik dan lancar.”

Dikatakan Widi, bank bjb juga bekerja sama BUMD Jabar yang bergerak di bidang pertanian, yakni PT. Agro Jabar. Dalam hal ini  PT. Agro Jabar bertindak sebagai offtaker.
 
“Ini bentuk kontribusi bank bjb membantu kesejahteraan petani milenial memastikan keberlangsungan usaha mereka. bank bjb berupaya menjaga ekosistem ekosistem pelaku UMKM dari hulu hingga ke hilir terjaga dengan baik,” tandas Widi Hartoto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA