Farah.ID
Farah.ID

Perceraian Di Sorong Terus Meningkat

Minggu, 01 Agustus 2010, 09:47 WIB
Jakarta, RMOL. Angka Perceraian di kota Sorong terus meningkat. Perceraian didominasi oleh gugatan istri terhadap suami akibat perselingkuhan, miras hingga karena suami tidak lagi menafkahi lahir dan batin. "Selama Juli ini saja ada 145 kasus yang di tangani di pengadilan Agama Sorong," kata Nasir Maswatu kepada Radar Sorong.

Dari kasus itu, 91 gugatan cerai, 45 kasus Talak dan 9 kasus pembagian gono-gini. Menurut Nasir kasus perceraian tersebut terbanyak berasal dari Kota Sorong. “ Dari jumlah kasus yang terus bertambah itu, rata-rata dalam satu bulan kita menyelesaikan 20 kasus,”kata Nasir Maswatu.

Nasir mengakui, situasi geografis di Sorong masih banyak yang sulit dijangkau. Sehingga, banyak pasangan bermasalah yang ingin mencari keadilan tidak tertangani. Kini, Pengadilan Agama sorong sedang memikirkan bagaimana menangani persoalan-persoalan serius di tempat-tempat yang jauh dan sulit dijangkau. "Tahun 2011 PA Sorong merencanakan akan menggelar persidangan keliling, khusus untuk menangani kasus-kasus perceraian di lokasi jauh dan terpencil," ujar Nasir menjelaskan. [jpnn]

ARTIKEL LAINNYA