Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerakan #PDEkspor, Wujudkan Tiga Juta Pelaku Ekspor UKM Untuk Masuk Ke Pasar Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 16 Juni 2021, 09:12 WIB
Gerakan #PDEkspor, Wujudkan Tiga Juta Pelaku Ekspor UKM Untuk Masuk Ke Pasar Global
Ilustrasi/Net
rmol news logo Ekspor masih menjadi salah satu dari sekian pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan pemerintah. Namun, ekspor yang diharapkan menjadi kunci kebangkitan ekonomi bangsa, saat ini masih menghadapi banyak kendala.

Salah satu kendalanya itu adalah serbuan importasi yang secara masif menggunakan digitalisasi.

Untuk itu, IndonesiaDirect.org, sebuah komunitas ekspor, berkolaborasi dengan Asosiasi Platform Digital Ekspor Indonesia (APDEI) melakukan pertemuan virtual pada Rabu (16/5) 

Pertemuan yang menghadirkan seluruh platform digital di Indonesia ini  membahas langkah-langkah bersama demi mewujudkan perekonomian Indonesia yang maju dan berdaya.  

APDEI yang dipimpin oleh Hadi Lee dari IDN Store sebagai Ketua Umum dan Biyp Mukhsen Assegaf dari Indonesia Direct sebagai Sekjen, memandang perlu adanya upaya dari pemerintah untuk mengeluarkan regulasi dan deregulasi terhadap peraturan dan transformasi tara cara ekspor melalui platform digital.

Juga mempercepat terjadinya digitalisasi terhadap semua aspek perekonomian di Indonesia khususnya yang berorientasi ekspor melalui standar digital nasional yang diakui secara global;

Hal ini perlu  untuk mewujudkan perekonomian bangsa dalam memenangkan persaingan di pasar global yang telah memasuki era baru, khususnya pada saat kondisi dunia yang masih dilanda pandemi.

"Kami bersama-sama bersepakat melepaskan segala kepentingan pribadi dan perusahaan dalam rangka kolaborasi sesama platform digital Ekspor untuk kepentingan bangsa dan negara.  Tekad tersebut didasari oleh transformasi yang telah merubah hampir seluruh lini kehidupan masyarakat termasuk melalui digitalisasi yang telah meredefinisi cara perdagangan di dunia global ini," isi pernyataan APDEI dalam rilis yang diterima redaksi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (16/5).  

APDEI dan seluruh peserta yang hadir, bersepakat menggunakan hastag #PDEkspor (dibaca PeDe Ekspor) sebagai bentuk kepercayaan diri sebagai bangsa besar yang mampu bersaing di dunia global.

"Ada 16 platform digital yang hadir sebagai deklarator di antaranya dari Blibli, Bukalapak, ndonesiainYourhand_ Aexi, Aspenku, Export Expert Indonesia, Ayoexport, GETI, exportHub, Goorita, IDN Store, MadeInIndonesia, dan Indonesiadirect," ujar Biyp Mukhsen Assegaf dalam keterangannya.

#PDEksport juga menargetkan tiga juta pelaku ekspor, yang merupakan 10 persen dari target digitalisasi pemerintah untuk pelaku UKM Indonesia yang tergabung di ekosistem digital.

Selain itu #PDEkspor juga menurunkan biaya logistik ke pasar global sebesar 50 persen melalui kolaborasi seluruh platform digital serta menjadikan #PDEkspor sebagai lanjutan dari #BBI di pasar global.

"Dengan tekad dan kesepakatan tersebut, APDEI percaya bangsa Indonesia akan tumbuh menjadi sebuah bangsa yang besar dengan komunitas platform digital ekspor yang disegani dunia internasional.

Untuk  mewujudkan cita-cita tersebut IndonesiaDirect.org mendukung gerakan #PDEkspor melalui platform e-learning dan E-Commerce indonesiadirect.org dengan mengangkat para UKM anggotanya ke pasar ekspor," ujar pernyataan APDEI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA