Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Cara Menparekraf Bangkitkan Ekonomi Kreatif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Rabu, 16 Juni 2021, 06:52 WIB
Ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Cara Menparekraf Bangkitkan Ekonomi Kreatif
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno./Ist
rmol news logo Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 dengan mengangkat tema “Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat”. Rangkaian acara AKI  2021 telah dimulai sejak 28 Mei 2021 dan berlangsung hingga 4 Desember 2021.

Dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno,  program ini adalah wadah kreasi untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar bisa mengangkat potensi, semangat, dan pendapatan dari pelaku di industri kreatif.

“Ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 diharapkan dapat memberi kesempatan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan dengan pelatihan kewirausahaan dan mentoring,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangannya yang diterima redaksi, Selasa (15/6).

Ia berharap, program ini bisa mengangkat kembali potensi, semangat, dan pendapatan pelaku di industri kreatif.  Khususnya, pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, aplikasi, permainan, film, dan animasi yang jatuh karena efek pandemi Covid-19.

“Program ini untuk meningkatkan daya saing, menghasilkan produk yang siap berkompetisi di pasar produk kreatif baik skala nasional maupun internasional dengan tujuan meneguhkan Ekonomi Kreatif sebagai tiang penopang ekonomi Indonesia yang mendorong  kebangkitan ekonomi Indonesia di masa pemulihan pandemi Covid-19," ujar Sandiaga.

AKI 2021 merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui fasilitasi inkubasi dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif  akan di selenggarakan di sembilan provinsi/regional yang terdiri dari  20 kota/kabupaten. Peserta dapat mendaftar melalui website resmi www.apresiasikreasiindonesia.com.  Dimana para peserta yang memenuhi syarat akan dikurasi menjadi 20 peserta per masing-masing kota untuk mengikuti pameran dan inkubasi.

Para peserta akan  mendapatkan inkubasi pelatihan kewirausahaan dan mentoring yang meliputi materi bisnis model, hak kekayaan intelektual, digital promotion, perencanaan keuangan dan investasi, kreativitas, dan membuat bisnis untuk kategori yang telah ditentukan, pameran/showcase produk pelaku kreatif, Creative Talkshow yang akan dikemas dalam talkshow kreatif, dan workshop.

Daerah yang akan menjadi tempat gelaran AKI 2021 antara lain Bogor, Tasikmalaya, Bandung, Semarang, Surakarta, Wonosobo, Jepara, Banyumas, Pekalongan, Banyuwangi, Blitar, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Medan, Palembang, Lampung, Makassar, dan Balikpapan.
 
Acara puncaknya berupa Pekan Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 kan dilaksanakan pada bulan Desember 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA