Farah.ID
Farah.ID

Tidak Terpengaruh Hiruk Pikuk Pilpres 2024, Airlangga Mengundang Simpatik Masyarakat

LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 10 Juni 2021, 12:14 WIB
Tidak Terpengaruh Hiruk Pikuk Pilpres 2024, Airlangga Mengundang Simpatik Masyarakat
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam puncak acara Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) 2021 di Bogor, Kamis (3/6).Repro
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tampaknya tidak terprovokasi oleh aksi sejumlah tokoh yang mulai meributkan persiapan menuju Pilpres 2024.

Tidak seperti tokoh-tokoh itu, Airlangga tetap konsisten mengurusi persoalan rakyat banyak, mulai dari penanganan pandemi Covid-19 sampai urusan memompa pertumbuhan ekonomi rakyat kalangan bawah.

Misalnya, pekan lalu (Kamis, 3/6) Airlangga menghadiri silaturahmi yang diselenggarakan dalam rangka Kampanye Konsumsi Ayam dan Telur di IPB International Convention Center (IICC), Bogor.

Dalam kegiatan itu Menko Perekonomian dan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN)  memaparkan peluang dan tantangan yang dihadapi kalangan peternak ayam serta langkah-langkah yang diambil pemerintah untuk memberikan bantuan.

Keengganan Airlangga terlibat dalam hiruk pikuk Pilpres 2024, menurut pengamat sosial Albertus Dino, justru mengundang simpatik masyakat.

“Airlangga kok malah kampanye  ayam dan telur. Bukan kampanye pilpres seperti (tokoh) yang lain. Rakyat jadi simpati banget,” ujarnya dalam perbincangan dengan redaksi.

Padahal, menurut alumni Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyakara ini, secara kalkulasi politik, sebagai ketua umum salah satu partai besar di tanah air peluang Airlangga lebih besar dari kebanyakan tokoh yang sudah mulai melakukan manuver politik menuju 2024.

“Tokoh-tokoh dan pejabat negara yang merasa punya kans jadi capres sudah pada nyolong start melakukan konsolidasi dan membentuk timses Pilpres 2024. Sementara Airlangga lebih peduli pada peternak ayam, kartu prakerja UMKM, industri padat karya, pedagang kaki lima, petani dan masyarakat angkatan kerja baru serta korban PHK agar bisa dapat kembali pulih ekonominya,” sambungnya lagi.

Dalam kegiatan puncak Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) 2021 di Bogor itu, Airlangga Hartarto membagikan secara simbolis bingkisan daging ayam dan telur kepada perwakilan masyarakat.

Pembagian paket ayam dan telur tersebut dilakukan di tiga kota. Di Jakarta dibagikan sebanyak 1.000 paket, di Bandung sebanyak 5.000 paket, dan 1.000 paket dibagikan di Bogor.

Airlangga berharap, masyarakat semakin gemar mengonsumsi telur dan daging ayam.

“Industri peternakan yang tulang punggungnya peternakan rakyat harus dilindungi, pemerintah menjaga suplai dan demand agar harga stabil,” demikian Airlangga Hartarto.

ARTIKEL LAINNYA